Mohon tunggu...
Choirul Solikha
Choirul Solikha Mohon Tunggu... Guru - Insan biasa

Lulusan sarjana pendidikan tahun 2021. Kesibukan mengajar selebihnya rebahan sambil menghayal🤣

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Adiraku, Aplikasi untuk Memanjakan Diri

13 Maret 2022   08:23 Diperbarui: 13 Maret 2022   08:25 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Adiraku di PlayStore (dok. SC pribadi)

Perkembangan zaman yang semakin canggih berdampak pada kehidupan sehari-hari. Era digital sebutan masa kini yang mana semua kegiatan atau kebutuhan bisa dengan mudah terpenuhi menggunakan teknklogi. Istilah "dunia dalam genggaman" nyatanya benar, semudah membalikkan telapak tangan. 

Masih ingat waktu saya kecil, sekitar tahun 90 an, teknologi belum secanggih saat ini. Alat teknologi dan komunikasi saat itu yang saya miliki adalah telpon genggam dengan merk yang sudah tidak laku dipasaran saat ini. Yang fungsinya hanya bisa untuk menelepon dan berkirim pesan atau SMS. Pada saat itu rumah saya berada di pelosok desa terpencil, untuk mengisi pulsa saja butuh berjalan beberapa kilometer untuk sampai ke penjual pulsa. Karena pada saat itu memang teknologi tidak secanggih sekarang. Jika sekarang untuk mengisi pulsa atau membayar tagihan lainnya telah tersedia ratusan aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan secara mudah. 

Kisah lain yang kami hadapi, dulu ketika Bapak membeli motor. Dengan keadaan ekonomi menengah kebawah untuk membeli motor pasti bukan hal yang mudah. Bapak saat itu membeli motor bekas dengan kredit kepada temannya. Karena kurangnya pengalaman dan terbatasnya informasi sehingga Bapak mempercayakan kepada temanya. Motor yang didapat adalah motor bebek keluaran tahun yang dibilang cukup lama, dengan harga sangat tinggi, menurutku. Angsurannyapun termasuk mahal, karena saya mengingat ketika jatuh tempo Bapak dan Ibu harus adu mulut terlebih dahulu.

Seiring berjalannya waktu, motor tua bapak sering mengalami kerusakan. Sering keluar masuk bengkel  dan menghabiskan pengeluaran yang cukup banyak. Melihatnya jadi kasihan, apalagi dengan usia yang tak lagi muda.  Sebagai wujud bakti kepada orang tua, saya membelikan bapak sepeda yang layak pakai. Karena motor merupakan kendaraan wajib bagi bapak. 

Zaman milenial telah saya rasakan dan memberikan banyak kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan dalam bertransaksi. Sebagai generasi muda yang melek teknologi menjadikan semua orang dengan mudahnya memanjakan diri. Salah satunya adalah berbagai aplikasi jual beli online dan lain sebagainya. 

Hingga pada akhirnya mengenal aplikasi Adiraku dari adira finance. Sebuah aplikasi online yang berfungsi untuk mempermudah layanan adira finance secara digital kepada pelanggan melalui ponsel. Aplikasi ini sudah diunduh oleh 1 juta lebih diplay store. 

Akhirnya saya bisa membelikan bapak sepeda walaupun tidak baru tapi kualitasnya terjamin. Dan untuk pembayarannya bisa dengan kredit, itu memudahkan saya sebagai pekerja dengan penghasilan yang minim. Dan di Adiraku saya bisa memilih angsuran sesuai dengan kemampuan saya. Dan sistem pembayarannyapun sangat mudah. Saya memilih pelunasan dalam jangka waktu 12 bulan atau satu tahun, karena saya harus mempertimbangkan pengeluaran saya dengan detail dan membagi dengan pengeluaran yang lain.

Akhirnya banyak tetangga dan saudara yang bertanya beli motor dimana? Saya menjawab kredit diAdiraku. Mungkin mereka penasaran karena saya jarang keluar rumah.  Sebagian dari mereka juga ada yang penasaran dengan aplikasi ini. Saya jelaskan bahwa Adiraku bukan hanya bisa untuk membeli mobil dan motor saja tetapi juga bisa untuk mengajukan kredit elektronik, furniture rumah dan lain sebagainya.

Puji syukur saya dapat membahagiakan bapak saya. Walaupun apa yang saya berikan tidak sesuai dengan apa yang telah beliau kasih kepada saya. Namun setidaknya membahagiakan orang tua adalah suatu keharusan bagi anak-anaknya, walaupun bukan dengan barang  atau pemberian yang istimewa dan dengan harga yang fantastik. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun