Mohon tunggu...
Nindya Chitra
Nindya Chitra Mohon Tunggu... Novelis - Pengarang dan Editor Paruh Waktu

Hubungi saya di Instagram atau Twitter @chitradyaries

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Review Novel "The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde"

21 Juni 2020   12:21 Diperbarui: 21 Juni 2020   13:31 1125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul: The Strange Case of  Dr. Jekyll & Mr. Hyde
Penulis: Robert Louis Stevenson
Alih Bahasa: Julanda Tantani 
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2011
Jumlah Halaman: 128
ISBN: 978-979-22-7125-6
Rating: 4.3/5.0

Blurb:

Dalam usaha mencari jati dirinya, Dr. Henry Jekyll yang cemerlang justru menemukan monster. 

Dia berhasil memisahkan sisi baik dan buruk dirinya, namun ketika sisi buruk itu mulai menguasainya, Dr. Jekyll menyadari bahwa dia tidak mungkin terus menjalani kehidupan gandanya.

Kisah klasik yang mendebarkan ini merupakan kajian tentang dualitas sifat manusia, dan melalui karyanya ini Robert Louis Stevenson kian memantapkan reputasinya sebagai pengarang.

"Aku kadang-kadang berpikir bahwa apabila kita mengetahui semua hal, kita pasti akan lebih senang untuk meninggalkannya." -The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde hal. 56.

"Semakin sesuatu terlihat aneh, semakin sedikit aku mengajukan pertanyaan." -The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde hal. 15.

Sekitar tahun 2015 lalu, ada serial TV Korea yang tidak begitu terkenal meskipun memiliki premis yang menarik. Judulnya Hyde Jekyll Me. Pemainnya Hyun Bin dan Han Ji Min. Temanya kepribadian ganda. Kebetulan waktu penayangannya berbarengan dengan serial lain yang memiliki tema serupa, Kill Me Heal Me. 

Saya menonton keduanya dan cukup kecewa karena hanya Kill Me Heal Me yang mendapat rating memuaskan, sedangkan Hyde Jekyll Me justru tercatat sebagai salah satu serial dengan rating terburuk yang pernah Hyun Bin perankan. 

Saya menyaksikan keduanya, dan memang Kill Me Heal Me diramu dengan lebih menarik, tetapi Hyde Jekyll Me sama sekali tidak buruk. Yah, mungkin hanya kurang beruntung.

Dari latar belakang itulah saya kemudian mengenal karya Robert Louis Stevenson ini. Rasa penasaran terhadap kisah asli dari remake serial Hyde Jekyll Me. 

Saat itu saya belum banyak menemukan tema kepribadian ganda dalam novel maupun film---dan merasa sangat terpukau oleh fenomena aneh ini. Namun, sayangnya waktu itu novel ini sulit ditemukan di toko buku. Waktu berlalu. 

Saya hampir melupakan rasa pensaran terhadap novel ini, sampai suatu hari di tahun 2016-an, tanpa sengaja saya melihat novel ini dijual dengan harga murah di sebuah toko buku daring. Tanpa basa-basi, saya langsung adopsi novel ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun