Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Kabar Duka, Farida Pasha, Si Mak Lampir Itu Telah Pergi

17 Januari 2021   15:04 Diperbarui: 17 Januari 2021   15:08 138 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kabar Duka, Farida Pasha, Si Mak Lampir Itu Telah Pergi
Potret Farida Pasha, gambar diambil dari Kompas.com (KOMPAS/AC)

Dunia hiburan tanah air berduka. Salah satu aktris yang pernah mengisi lembaran sejarah film tanah air baru saja berpulang. Farida Pasha, sosok yang terkenal dengan perannya sebagai Mak Lampir menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu, 16 Januari 2021.

Menukil Kompas.com (17/1/2020), kabar duka itu mulai dihembuskan oleh Ify Alyssa, cucunya. "Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ibunda/Nenek kami tercinta Hj Farida Pasha binti Ali Husen," tulis penyanyi jebolan idola cilik di Insta Stories Instagramnya, Minggu (17/1/2021).

Terkait sebab meninggalnya Farida, Delaz, perwakilan pihak Ify Alyssa, lugas menginformasikan. "Ibu Farida terkena covid."

Farida berpulang di usia 68 tahun. Wanita kelahiran Tasikmalaya itu tentu kurang familiar di mata generasi yang lahir setelah tahun 200-an. Tidak banyak film yang ia perankan di masa-masa itu. Sementara itu bagi generasi sebelum itu, sosok ini tentu begitu akrab. Apalagi yang menyukai genre horor.

Berbagai peran sudah dimainkannya. Beberapa film horor yang tegas menampilkan karakternya sebagai sosok Mak Lampir di antaranya Ratu Pantai Selatan, Dukun Ilmu Hitam, Nenek Grondong, dan Misteri Gunung Merapi.

Poster film Misteri Gunung Merapi. (Foto: Koleksi Pribadi Daniel Irawan) 
Poster film Misteri Gunung Merapi. (Foto: Koleksi Pribadi Daniel Irawan) 

Empat dari banyak film yang diperankannya itu tayang perdana sejak 1980. Seperti dirangkum dari liputan6.com (17/1/2021), dalam film-film itu Farida mengambil peran tak jauh dari urusan klenik.

Ia menjadi Darsi, juragan kapal yang memiliki ilmu hitam, di Ratu Pantai Selatan. Pada Nenek Grondong, Farida tampil sebagai hantu yang menakutkan. Bisa jadi peran yang dimainkannya sebagai Nenek Grondong ini membuka jalan untuk penampilan fenomenalnya sebagai Mak Lampir.

Tujuh tahun pasca Nenek Grondong, Farida tampil dalam trilogi Misteri Gunung Merapi yang mulai mencuri perhatian pada 1989. Banyak tanggapan minor terkait kualitas sandiwara radio ini. Namun bagi Farida, ini menjadi salah satu babak penting dalam perjalanan kariernya. Fase penting yang melekatkannya dengan sosok Mak Lampir.

Farida adalah sedikit pemeran yang langsung melambung saat tampil di film perdana. Farida mengalami debut spektakuler di Guna-Guna Isteri Muda (1977).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x