Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Tentang Sapi dan Kotorannya di Kaki Merapi

21 Oktober 2018   12:45 Diperbarui: 9 November 2018   14:44 0 3 1 Mohon Tunggu...
Tentang Sapi dan Kotorannya di Kaki Merapi
Peternakan sapi yang dikelola Koperasi SAMESTA di Kaki Merapi/Foto Danone

Saya sudah beberapa kali ke Yogyakarta dan sekitarnya. Namun Solo dan Klaten adalah pengecualian. Karena itu kunjungan lapangan para peserta Danone Blogger Academy bagi saya tak ubahnya bonus jalan-jalan gratis.

Setelah tiga hari penuh berkutat di ruang tertutup dengan seabrek informasi, saatnya ke-20 peserta beranjangsana ke lapangan. Kesempatan indah itu terjadi pada 12 hingga 14 Oktober 2018 lalu.

Kami mendapat kesempatan melihat dari dekat sejumlah unit usaha grup Danone berikut kegiatan CSR yang telah dan sedang dikembangkan. Patut diakui jadwal kegiatan tiga hari itu cukup padat. Tak heran kami harus berkejaran dengan waktu agar tak ada bagian yang terlewat. Meski demikian semangat para peserta tak juga padam.

Dini hari tanggal 12 Oktober kami sudah berkumpul di Bandara Soekarno Hatta. Kami memburu penerbangan pukul 06.50 menuju Yogyakarta. Itulah awal petualang kami. Di hari pertama kami mensambangi Pabrik Sarihusada di Kemudo, Klaten. Tidak lupa kami melihat dari dekat CSR Danone yang dijalankan di desa tersebut.

Tidak hanya pengembangan ekonomi, lingkungan, dan kesehatan masyarakat, CSR Danone juga menyasar dunia pendidikan. Danone turut andil memberikan edukasi gizi dan kesehatan kepada masyarakat umumnya dan kepada generasi muda khususnya. Di salah satu bagian Taman Pintar Yogyakarta, Danone hadir dengan aneka permainan edukatif.

Taman pintar dengan berbagai wahana edukatif/Danone
Taman pintar dengan berbagai wahana edukatif/Danone
Kegiatan hari pertama itu diakhiri dengan kunjungan ke Merapi. Danone juga ambil bagian pasca erupsi gunung tersebut beberapa tahun silam. Merapi project begitulah namanya. Ada apa di sana? Nanti saya akan jelaskan pada bagian tersendiri.

Di hari kedua, kami mengunjungi pabrik aqua di Klaten. Ini bukan kali pertama saya bertandang ke pabrik aqua. Sebelumnya saya pernah berkunjung ke pabrik serupa di daerah Kebun Candi, Pasuruan, Jawa Timur.

Tidak ada yang berbeda dari pabrik ke pabrik. Selain diferensiasi produk, keamanan tetap menjadi nomor satu. Setiap pengunjung tidak bisa tidak harus mematuhi peraturan yang berlaku. Bagi aqua keselamatan adalah nomor satu. Tidak hanya para pegawainya, tetapi juga setiap pengunjung.

Tidak heran sebelum berkeliling, kami diberikan rompi khusus. Tidak lupa petugas terkait memberikan arahan terkait prosedur keselamatan yang berlaku di tempat tersebut.

Keselamatan selalu menjadi prioritas di setiap pabrik grup Danone/Danone
Keselamatan selalu menjadi prioritas di setiap pabrik grup Danone/Danone
Seperti pabrik lainnya, aqua juga memiliki unit CSR di Klaten. Tak begitu jauh dari lokasi pabrik berdiri sebuah unit CSR yang memfokuskan perhatian pada pengolahan sampah plastik. Nama unit usaha tersebut komunitas pengelola sampah Rukun Santoso. Letaknya di Karanglo, Kecamatan Polanharjo.

Mengakhiri hari kedua kami mendapat kesempatan untuk menguji adrenalin di Pusur river tubing. Letaknya tak jauh dari pabrik aqua Klaten. Menariknya, arena wisata dan olahraga ini dikelola oleh sebuah komunitas yang ketuanya merupakan karyawan Danone. Selain menyediakan berbagai fasilitas bagi para peserta, komunitas ini juga mengambil tanggung jawab untuk menjaga kebersihan sungai tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x