Mohon tunggu...
LoliSaveMe
LoliSaveMe Mohon Tunggu... Lainnya - berkuliah sekaligus simp-er

memiliki ketertarikan terhadap vtubers dan berbagainya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Positif Trend VTUBERS terhadap Perekonomian dalam Masyarakat

6 Desember 2022   11:05 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:18 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

VTUBERS. Merupakan singkatan dari Virtual Youtubers. Atau dapat di artikan sebagai konten creator youtube dalam bentuk virtual atau animasi. Vtubers sendiri merupakan animasi yang diciptakan atas dasar pemikiran seseorang dengan hasil Kerjasama dengan beberapa pihak sehingg dapat tercipta karakter animasi yang mampu mentraking wajah pengguna sehingga karakter animasi akan mengikuti semua Gerakan pengguna yang di traking secara real time.

VTUBERS sendiri tercipta pada awal tahun 2011 yang terus berkembang hingga sekarang. Pada pertengahan tahun 2021 popularitas VTUBERS meningkat secara drastic. Khususnya di Indonesia ini, peminat vtuber pada saat ini sangatlah besar sebagai salah satu contohnya ada vtubers kobo kanaeru yang memiliki 1,73 Jt Subscriber sejak awal debutnya pada bulan maret lalu.

Dikarenakan tenarnya trend vtubers ini banyak sekali masyarakat yang ingin terjun dalam dunia vtuber atau sekedar bermain main. Tetapi saat ingin membuat karakter vtuber, kita harus membeli jasa gambar orang untuk membuat karakter yang kita inginkan, serta membeli jasa rigging untuk men-rig karakter agar dapat bergerak dan men-traking wajah kita sebagai traking animasi karakter yang kita miliki.

Karena itulah dimasa sekarang banyak sekali artist- artist dan rigger rigger bermunculan di Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai peluang usaha untuk siapa saja yang memiliki bakat diantara kedua bidang tersebut, dan khususnya kedua bidang tersebut yang berupa artist dan rigger tidak memerlukan Pendidikan khusus, hanya memerlukan keahlian khusus yang mana keahlian tersebut juga dapat dipelajari secara gratis dan otodidak melalui social media.

Oleh karena itu dengan trendnya vtuber dan meningkatnya peminat vtuber, menjadikan banyak orang ingin menjadi artist dan rigger sehingga menurunkan tingkat pengangguran di indonesia, tidak hanya karena ke-2 bidang tersebut dapat dipelajari secara gratis, tetapi hal ini dikarenakan juga sistem kerja yang mengikuti kemauan dan pekerjaan yang dapat dilakukan dimana saja, khusus untuk artist dapat mengerjakan gambarnya melalui device smartphone mereka dengan pendapatan yang terbilang cukup tinggi. Untuk sekali kerjanya.

Tidak hanya menurunkan tingkat pengangguran, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Peningkatan perekonomian dapat terjadi karena banyak artist-artist dan rigger-rigger Indonesia menjual jasanya dengan rate menggunakan USD atau US Dollar. Dan tidak hanya ratenya menggunakan USD tetapi hal ini dipengaruhi oleh klient atau penyewa jasa gambar dan rigging berasal dari luar negeri.

Karena itulah dengan bersinarnya trend vtuber memberikan dampak baik terhadap seluruh artist dan rigger di Indonesia, berkat adanya vtuber, profesi artist dan rigger menjadi lebih terpandang dari sebelumnya sehingga mereka dapat menaikan rate mereka sesuai dengan hasil yang dapat mereka berikan. hal ini juga dimanfaatkan oleh pengangguran atau pekerja resmi sebagai pemasukan untuk uang tambahan atau jajan, apabila mereka memiliki keamapuan yang cukup dalam pasar VTUBERS

Penulis: Dimas Chandra Adinata (LoliSaveMe), Universitas Pamulang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun