Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Kilas Jejak Prestasi Petenis Indonesia di Wimbledon

12 Juli 2023   06:32 Diperbarui: 12 Juli 2023   17:24 1087
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prestasi terbaik Wynne di Wimbledon ketika mencapai babak ketiga ganda putri tahun 2002. 

Janet Lee dan Wynne Prakusya/ foto: Getty Images 
Janet Lee dan Wynne Prakusya/ foto: Getty Images 
Wynne Prakusya yang berpasangan dengan petenis Taiwan, Janet Lee, mencapai babak ketiga Wimbledon 2002 setelah menang atas Tathiana Garbin/Angelique Widjaja dan Tatiana Perebiynis/Tatiana Poutchek.

Setelah era Wynne Prakusya dan Angelique Widjaja, butuh hampir dua dekade buat Indonesia untuk memiliki wakil pemain putri di Wimbledon lewat kehadiran Aldila Sutjiadi.

Yayuk Basuki membuat sejarah sebagai petenis tunggal Indonesia pertama yang menembus perempat final Wimbledon

Yayuk Basuki mencapai perempat final tunggal putri Wimbledon di tahun 1997, setelah berturut-turut mengalahkan Ai Sugiyama (Jepang), Innes Gorochategui (Argentina), Naoko Kijimuta (Jepang), dan Patricia Hy-Boulais (Kanada).

Kiprah Yayuk Basuki di Wimbledon 1997 terhenti di perempat final setelah takluk 3-6, 3-6, melawan Jana Novotna (Ceko).


Yayuk Basuki/ foto: KOMPAS
Yayuk Basuki/ foto: KOMPAS

Jana Novotna kemudian lanjut terus hingga ke final Wimbledon 1997, hingga akhirnya kalah melawan Martina Hingis. Setahun berselang Jana Novotna menjadi juara Wimbledon setelah di final menang lawan Nathalie Tauziat.

Yayuk Basuki di tahun 1997 memperbaiki prestasi menawannya di Wimbledon yang sebelumnya sampai babak keempat di tahun 1992, 1993, 1994, dan 1995..

Yayuk Basuki kemudian tampil dua kali lagi di nomor tunggal putri Wimbledon pada tahun 1998 dan 2000, namun hanya sampai babak ketiga. 

Lapangan rumput Wimbledon adalah sahabat akrab buat Yayuk Basuki. Betapa hebatnya prestasi Yayuk Basuki di masa lalu dapat kita simak dari statistik ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun