Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Mengulik Sirkuit, Tim, dan Pembalap Baru MotoGP 2022

3 Maret 2022   13:19 Diperbarui: 5 Maret 2022   13:43 866
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sesi tes pra musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika/foto: MotoGP.com

Seri pembuka MotoGP 2002 digelar pada akhir pekan ini di Sirkuit Losail, Qatar. 24 pembalap dari 12 tim pabrikan dan satelit siap beraksi di MotoGP. 

Terjadi beberapa perubahan baru di gelaran MotoGP 2022. Ada sirkuit baru yang akan digunakan, tim dan juga pembalap baru pada musim ini 

Sirkuit Baru MotoGP 2022

Ada dua sirkuit baru yang akan dipakai dalam balapan MotoGP 2022, yaitu Mandalika International Steet Circuit di Indonesia, dan KymiRing di Finlandia.

Indonesia akhirnya kembali menggelar Grand Prix motor setelah 24 tahun absen. Indonesia pernah dua kali menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor. 

BACA JUGA 

Trio Pembalap MotoGP Paling Senior Musim 2022


Mandalika International Steet Circuit menjadi lokasi seri kedua MotoGP 2022 yang dijadwalkan pada tanggal 18-20 Maret. 

Sirkuit Mandalika/foto: MotoGP.com
Sirkuit Mandalika/foto: MotoGP.com

Sirkuit Mandalika yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, memiliki panjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan. 

Sirkuit Mandalika sudah dipakai dalam seri terakhir Super Bike musim 2021. Rekor kecepatan lap saat race dibuat juara dunia Super Bike 2021 asal Turki, Toprak Razgatlioglu, yaitu 1:34.288, 

Finlandia comeback menggelar MotoGP setelah absen selama 39 tahun. KymiRing lokasi Grand Prix Finlandia 2022 yang dijadwalkan pada tanggal 10-12 Juli.

Finlandia sebelumnya pernah menggelar MotoGP pada tahun 1962 hingga 1982. 

Grand Prix motor Finlandia tahun 1972 dan 1963 digelar di Tampere Circuit. Setelahnya GP Finlandia berlangsung di Imatra Circuit hingga tahun 1982. 

KimyRing yang diresmikan tahun 2019 memiliki panjang 4,65 km dengan 18 tikungan.

KymiRing/foto: iltalehti.fl
KymiRing/foto: iltalehti.fl

Tim Baru MotoGP 2022 

Terdapat 4 tim baru rasa lama yang akan berpartisipasi di MotoGP 2022, yaitu Aprilia Racing, Gresini Racing MotoGP, Mooney VR46 Racing Team, dan WithU Yamaha RNF MotoGP Team. 

Aprilia akhirnya tampil kembali sebagai tim pabrikan utuh pada tahun ini. Sebelumnya, Aprilia menjalani kerja sama dengan tim Gresini sejak tahun 2015. 

LIHAT JUGA 

Pembalap dan Tim Indonesia di Moto2-Moto3 Tahun 2022

Aprilia masih tetap memakai dua pembalap yang sama seperti tahun lalu, yaitu Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. 

Aprilia Racing Team/foto: Aprilia.com
Aprilia Racing Team/foto: Aprilia.com

Gresini Racing setelah pisah dengan Aprilia memtuskan untuk menjadi tim satelit Ducati di MotoGP 2022. 

Agar bisa fokus di gelaran MotoGP, tim Gresini mundur dari persaingan kelas Moto3.

Pada MotoGP musim 2021 lalu, VR46 Racing Team berkolaborasi dengan Esponsorema Racing membentuk Sky Avintia VR46 Esponsorema.

Esponsorema Racing mundur dari kompetisi MotoGP 2022, dan hanya fokus di balapan Moto3. 

VR46 Racing Team di MotoGP musim 2022 ini tampil utuh sendiri dengan menggandeng Mooney sebagai sponsor. Mooney adalah salah satu perubahan perbankan dan pembayaran di Italia. 

Petronas perusahaan minyak Malaysia di akhir musim 202i1 memutuskan stop mensponsori Sepang Racing Team (SRT) di ajang MotoGP.

SRT lalu mencari sponsor baru, dan mengubah nama menjadi RNF Racing. RNF merupakan inisial nama anak kepala tim, Razlan Razali.

RNF MotoGP Team sudah menjalin kesepakatan dengan pihak Dorna akan tampil di kelas tertinggi Grand Prix motor hingga tahun 2026.

Pembalap Pindah ke Tim Baru 

Pembalap Italia, Enea Bastianini, yang akan menjalani musim kedua di MotoGP,  akan memperkuat tim baru Gresini Racing.

Enea Bastianini/foto: MotoGP.com
Enea Bastianini/foto: MotoGP.com

Bastianini tahun 2021 lalu menjalani debut MotoGP bersama Avintia Esponsorema Racing. Enea Bastianini sempat dua kali naik podium dan sekali fastest lap dari 18 start pada musim debut di MotoGP.

Pembalap kawakan, Andrea Dovizioso, di pengujung tahun 2021 direkrut SRT untuk menggantikan posisi Franco Morbidelli yang ditarik ke tim pabrikan utama Yamaha.

Dovizioso mendapat kontrak untuk membalap penuh di musim 2022 bersama tim baru RNF Racing yang merupakan rebranding dari SRT.

Pembalap Debutan MotoGP  2022.

Ada lima pembalap debutan yang akan menjajal kerasnya persahabatan di kelas tertinggi Grand Prix motor tahun ini.

Mereka juga akan menjalani debut MotoGP adalah Remy Gardner (Australia), Raul Fernandez (Spanyol), Marco Bezzecchi (Italia), Fabio Di Giannantonio (Italia), dan Darryn Binder (Afrika Selatan).

Remy Gardner tampil spektakuler bersama KTM Ajo di Moto2 tahun 2021 lalu. Pembalap berusia 24 tahun itu merebut gelar juara dunia Moto2 setelah 12 kali naik podium dan menang race 5 kali.

Gardner naik kelas ke MotoGP, dan akan memperkuat Tech3 KTM Factory Racing.

Remy Gardner bakal kembali satu tim dengan Raul Fernandez yang juga menjalani debut di MotoGP.

Remy Gardner dan Raul Fernandez akan jalani debut 
Remy Gardner dan Raul Fernandez akan jalani debut 

Raul Fernandez tahun 2021 lalu sukses menjadi runner-up Moto2 dengan hasil  8 kali menang dari 12 kali naik podium. 

Jumlah poin Raul Fernandez hanya berselisih empat dari Reny Gardner yang menjadi juara dunia Moto2 dengan 311 poin. 

Marco Bezzecchi menjalani debut MotoGP tahun ini bersama Mooney VR46 Racing Team. 

Bezzecchi akan mendampingi Luca Marini yang adalah adik tiri Valentino Rossi pemilik VR46 Racing.

Marco Bezzecchi menempati peringkat 3 klasemen akhir Moto2 semusim lalu. Dia mendulang 214 poin hasil sekali menang race dan 7 kali naik podium.

Fabio Di Giannantonio bakal mendampingi Enea Bastianini di Gresini Racing. Giannantonio pernah menjadi runner-up dunia Moto3 musim 2018. 

Pembalap Italia berusia 23 tahun tersebut promosi ke MotoGP setelah tampil apik merebut satu kemenangan dan 4 kali naik podium di Moto2 tahun lalu.

Darryn Binder pada diplot sebagai pendamping Andrew Dovizioso di WithU Yamaha RNF MotoGP Team. 

Darryn Binder langsung melompat ke MotoGP tanpa menjajal Moto2, setelah 7 musim tampil di Moto3. 

Darryn adalah adik kandung pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun