Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

3 Pertandingan Kunci Indonesia untuk Kalahkan Thailand di Piala Uber

14 Oktober 2021   07:10 Diperbarui: 14 Oktober 2021   21:02 818
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Indonesia di Piala Uber 2021/ foto: PBSI-badmintonindonesia.org

Hasil undian babak perempat final Piala Uber 2021 yang digelar Badminton World Federation (BWF) mempertemukan tim Indonesia dengan Thailand. 

Head to Head Indonesia - Thailand di Piala Uber

Hasil undian itu bakal menjadi pertemuan keempat tim Indonesia dan Thailand di Piala Uber. 

Di edisi Piala Uber sebelumnya tahun 2018, Thailand yang berstatus tuan rumah lolos ke semifinal setelah unggul 3-2 atas Indonesia.

Pada pertandingan grup C Piala Uber 2016, Thailand juga taklukkan Indonesia dengan selisih skor tipis 3-2. 

Satu-satunya hasil menang yang diraih tim Piala Uber Indonesia atas Thailand terjadi pada tahun 1994. Indonesia di fase grup lumat Thailand yang berstatus sebagai peserta debutan Uber Cup dengan skor telak 5-0. 

Indonesia yang saat itu masih diperkuat Susi Susanti dan Mia Audina kemudian menjadi juara Piala Uber 1994.

Prediksi Line-up Pertandingan Indonesia vs. Thailand (Perempat Final Uber Cup 2021)

Apabila melihat ranking dunia BWF saat ini, materi pemain yang dimiliki oleh tim Piala Uber Thailand lebih kuat dibandingkan Indonesia.

Komposisi anggota skuat Thailand sekarang nyaris sama seperti saat mereka jadi runner-up Piala Uber 2018.

Thailand punya tiga pemain tunggal putri yang berada di ranking top 13 dunia, yaitu Ratchanok Intanon, Pornpawee Chochuwong, dan Busanan Ongbamrungphan.

Ratchanok Intanon/foto: twitter @RatchanokMay
Ratchanok Intanon/foto: twitter @RatchanokMay
Sedangkan materi pemain tunggal putri Indonesia diperkuat pemain-pemain muda yang minim pengalaman tanding di level internasional. 

Hanya Gregoria Mariska wakil tunggal putri Indonesia yang punya pengalaman tampil di Piala Uber tahun 2016 dan 2018. Dia kini di peringkat 21 dunia BWF,

Di sektor ganda, Thailand punya dua pasang pemain yang sarat pengalaman. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (ranking 8 ganda putri BWF), Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai (ranking 22)

Indonesia mengandalkan pasangan spektakuler juara Olimpiade yang kini tempati peringkat 6 dunia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pemain ganda putri Indoneisa lainnya yang masuk skuat, merupakan debutan di Piala Uber 2021.

Kemungkinan susunan line-up pemain Thailand dan Indonesia yang akan diturunkan tampil di perempat final Piala Uber 2021, yaitu, 

  • Pertandingan 1: Ratchanok Intanon Vs. Gregoria Mariska
  • Pertandingan 2: Jongkolphan/Rawinda Vs. Greysia/Apriyani
  • Pertandingan 3: Pornpawee Vs. Putri KW
  • Pertandingan 4: Puttita/Sapsiree Vs. Siti Fadia/Ribka Sugiarto
  • Pertandingan 5: Busanan Vs. Ester Wardoyo 

Pertandingan Kunci Tim Uber Indonesia

Sangat berat bagi Indonesia untuk merebut kemenangan di pertandingan pertama tunggal putri. 

Gregoria andalan utama Indonesia bakal berhadapan dengan pemegang titel juara dunia Ratchanok Intanon. 

Gregoria Mariska/foto: PBSI-badmintonindonesia.org
Gregoria Mariska/foto: PBSI-badmintonindonesia.org

Ratchanok selalu menang dalam delapan pertemuan sebelumnya menghadapi Gregoria. Tetapi, Jorji (panggilan akrab Gregoria Mariska) masih punya kans buat menang. 

Jorji penah dua kali menyumbangkan angka buat Indonesia saat menghadapi Thailand di Piala Uber 2016 dan 2018. 

Bukan tidak mungkin Jorji bakal hattrick menang atas pemain tunggal putri Thilailand di Piala Uber 2021, membuat kejutan kalahkan Ratchanok.

Greysia/Apriyani- foto: PBSI-badmintonindonesia.org
Greysia/Apriyani- foto: PBSI-badmintonindonesia.org

Duet Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi tumpuan utama Indonesia untuk meraih poin kemenangan dalam pertandingan pertama ganda putri. 

Greysia/Apriyani unggul head to head 5-1 atas Jongkolphan/Rawinda. 

Hasil menang wajib direngkuh duet GreyAp apabila Indonesia ingin memenangkan pertandingan perempat final. 

Kondisi performa Greysia/Apriyani masih on fire paska memenangkan emas Olimpiade Tokyo. 

GreyAp menang tiga kali dalam ajang Piala Sudirman, serta mengalahkan ganda putri Jerman di pertandingan pertama grup Piala Uber 2021. 

Putri Kusuma Wardani/foto: PBSI-badmintonindonesia.org
Putri Kusuma Wardani/foto: PBSI-badmintonindonesia.org

Pertandingan tunggal putri kedua sangat krusial untuk dimenangkan Indonesia. Putri Kusuma Wardani harus berjuang habis-habisan mengalahkan Pornpawee.

Prestasi karier Pornpawee sedang melejit tinggi. Dia setengah tahun lalu sukses tembus final turnamen bergengsi All England.

Fakta menarik, Putri KW dan Pornpawee kebetulan pernah menjadi juara turnamen yang sama. 

Pornpawee juara Spain Masters 2020. Setahun kemudian giliran Putri KW juara Spain Masters. 

Perbedaan ranking Pornpawee yang kini urutan 10 dunia sangat jauh di atas Putri yang hanya berada di kisaran peringkat ratusan.

Namun kualitas permainan Putri KW bisa diandalkan untuk mengatasi perlawanan Pornpawee. 

Foot work yang lincah, serta variasi pukulan yang tajam menjadi keunggulan penampilan Putri di lapangan. 

Pengalaman bertanding di level atas dunia yang menjadi kelemahan bagi Putri KW.

Apabila Greysia/Apriyani dan Putri KW dapat meraih skor kemenangan, maka duet Siti Fadia/Ribka Sugiarto yang akan turun di pertandingan keempat, bakal punya motivasi lebih untuk memastikan Indonesia lolos ke semifinal Piala Uber.

Siti Fadia/Ribka Sugiarto- foto: PBSI-badmintonindonesia.org
Siti Fadia/Ribka Sugiarto- foto: PBSI-badmintonindonesia.org
Puttita/Sapsiree pastinya tak akan mudah buat ditaklukkan oleh Siti Fadia/Ribka. Tapi, Siti/Ribka punya 'agen rahasia' yang bisa membantu cara menaklukkan ganda putri tersebut.'

'Agen rahasia' yang dimaksud adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang di awal tahun ini dua kali mengalahkan Puttita/Sapsiree di turnamen yang berlangsung di Thailand.

Jadi, Siti Fadia/Ribka Sugiarto bakal punya banyak info yang akan diberitahu oleh GreyAp apa saja trik mumpuni untuk mengatasi perlawanan ganda putri Thailand.

Seandainya pertandingan harus dilanjutkan hingga partai kelima, maka potensi menang Indonesia bakal sangat tipis. 

Thailand putri punya stok tiga tunggal putri yang sama bagusnya. Busanan, Phittayporn Chaiwan, dan Suoanida Kathetong.

Sedangkan Indonesia harus mengandalkan pemain remaja 16 tahun, Ester Nurumi Tri Wardoyo. 

Pemain tunggal Indonesia lainnya, Nadini Putri Arumni, cedera parah saat tampil di fase grup melawan pemain Prancis.

Ester Wardoyo walau secara skill cukup bagus, tapi cara permainannya masih sangat mentah untuk menghadapi pemain kaliber internasional. 

Ester Nurumi- foto: PBSI-badmintonindonesia.org
Ester Nurumi- foto: PBSI-badmintonindonesia.org

Ester sendiri sudah dua kali kalah dalam pertandingan grup Piala Uber.

Dari hasil analisa yang saya jabarkan di atas, maka 3 pertandingan kunci yang harus dimenangkan pemain Piala Uber Indonesia adalah di dua sektor ganda putri, serta tunggal putri kedua. 

Kita dukung dan doakan semoga tim Piala Uber Indonesia bisa menaklukkan Thailand dalam pertandingan malam nanti yang akan disiarkan oleh TVRI pada pukul 24:00 WIB.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun