Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Head to Head Italia vs Spanyol

6 Juli 2021   13:09 Diperbarui: 6 Juli 2021   13:29 576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Head to head Italia vs Spanyol berawal dari pertandingan Olimpiade tahun 1920 yang berlangsung di Antwerp, Belgia. Saat itu Spanyol menang 2-0 lewat sepasang gol Felix Sesumaga Ugarte.

Timnas Spanyol dan Italia kemudian menjadi kekuatan besar sepak bola dunia dengan berbagai gelar juara di turnamen akbar.

Italia sukses merebut 4 gelar juara Piala Dunia, serta satu kali juara Piala Eropa. Sedangkan Spanyol 3 kali menjadi pemenang Piala Eropa, serta sekali menjadi juara Piala Dunia.

Pertemuan Italia dan Spanyol hingga kini sudah berlangsung 35 kali. Statistik pertemuan kedua tim cukup seimbang.

Rekor kekalahan terburuk sepanjang masa timnas Spanyol terjadi saat takluk 1-7 lawan Italia di Olimpiade tahun 1928. 

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada awal bulan September 2017 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia di Santiago Bernabeu, Madrid.

Saat itu Spanyol menang telak 3-0 berkat sepasang gol Isco, dan gol dari Alvaro Morata. Italia yang kala itu dilatih oleh Giampiero Ventura, gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Azzurri Italia saat ini sudah bisa bangkit kembali sejak ditangani Roberto Mancini dengan membuat rekor gemilang tak pernah kalah dalam 32 pertandingan beruntun.

Sementara itu head to head Italia vs Spanyol di Piala Eropa sudah pernah 6 kali terjadi. Kedua tim saling mengalahkan dua kali, dan dua duel lainnya berakhir seri.

Momen duel Spanyol vs Italia di Piala Eropa yang paling dikenang adalah saat final tahun 2012. Spanyol secara luar biasa menang telak 4-0 atas Italia di final Piala Eropa 2012. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun