Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Swedia vs Inggris, Duel Sesama Tim Kuda Hitam

7 Juli 2018   15:45 Diperbarui: 7 Juli 2018   17:28 836
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Andreas Granqvist siap melawan kegarangan Harry Kane/ kolase foto fifa.com

Timnas Inggris sebelumnya sudah pernah 8 kali mencapai babak perempat final Piala Dunia, terakhir dilakukan pada tahun 2006 dan kalah adu penalti melawan  Portugal. 

Kemenangan terakhir Inggris di perempat final Piala Dunia terjadi pada tahun 1990 silam. Saat itu Inggris menang 3-2 atas Kamerun  setelah lewati perpanjangan waktu.

Timnas Swedia pada masa lampau pernah lima kali menembus perempat final Piala  Dunia di tahun 1934, 1938, 1950, 1958 dan 1994.

Swedia hanya sekali kalah di babak ini pada perempat final Piala Dunia 1934. Di perempat  final Piala Dunia 1994, Swedia menang adu penalti atas Rumania.

Head To Head Swedia vs Inggris

Tim nasional sepak bola Inggris  dan Swedia sudah sering bertemu. Dua pertemuan terjadi di Piala Dunia tahun 2002 dan 2006. Kedua tim bermain imbang 1-1  di fase grup Piala Dunia 2002. Inggris sempat memimpin 1-0 lewat gol  Sol Campbell di pertengahan babak pertama, dibalas Swedia lewat gol  Niclas Alexandersson di awal babak kedua.

Empat tahun berselang, Swedia dan Inggris kembali berjumpa di babak grup Piala  Dunia. Hasil akhir seri 2-2. Gol Inggris dibuat oleh Joe Cole dan Steven Gerrard, dibalas oleh Swedia lewat gol Marcus Allback dan Henrik  Larsson.

Pertemuan  terakhir Swedia dan Inggris terjadi dalam laga persahabatan bulan  November 2012 silam. Zlatan Ibrahimovic tampil luar biasa borong empat gol yang antarkan Swedia menang 4-2 atas Inggris. Salah satu  gol dibuat oleh Ibra dengan cara melakukan salto dari tengah lapangan.  Gol salto Ibra tersebut mendapat penghargaan bergengsi FIFA Puskas Award.

Ibrahimovic buat gol spektakuler dalam pertandingan lawan Inggris/ foto: zimbio.com
Ibrahimovic buat gol spektakuler dalam pertandingan lawan Inggris/ foto: zimbio.com
Head  to head keseluruhan antara Swedia vs Inggris masih seimbang hingga saat ini. Swedia dan Inggris sama-sama 7 kali menang, dan 9 duel lainnya berakhir seri.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Harry Kane dan Andreas Granqvist Sosok Kunci

Harry  Kane jadi sosok kunci yang akan menentukan nasib Inggris di  pertandingan ini. Penampilan impresif Kane yang sudah membuat  6 gol di Piala Dunia 2018, akan merepotkan pertahanan Swedia. Namun, Inggris punya celah di lini pertahanan. Inggris belum mampu membuat clean sheet di Piala Dunia 2018. Di lain pihak, Swedia selalu mencetak gol dalam empat pertandingan sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun