Mohon tunggu...
Muhammad Irfan Aminudin
Muhammad Irfan Aminudin Mohon Tunggu... Cerita tentang kehidupan mahasiswa dan traveling

Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN WALISONGO SEMARANG

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

10 Perbedaan Pola Hidup Kuliah dengan SMA

31 Agustus 2020   13:59 Diperbarui: 2 September 2020   13:14 77 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Perbedaan Pola Hidup Kuliah dengan SMA
Sumber Gambar: duniadosen.com

Banyak mahasiswa baru yang kaget dengan lingkungan kampus yang sangat berbeda sekali dengan apa yang dirasakan saat di SMA dulu. Sebagian maba mungkin belum mengetahui perbedaan kuliah dengan SMA sehingga maba tersebut masih bingung dengan budaya kampus sendiri. Oleh karena itu, di dalam artikel ini penulis akan memberitahukan beberapa perbedaan kuliah dengan SMA:

1) Hidup Mandiri

Pada saat kita menjadi mahasiswa salah satu yang pertama kali kita akan siapkan adalah hidup mandiri terutama bagi mahasiswa yang merantau karena kita tidak akan bisa ketergantungan dengan orang lain. Kita harus bisa mengatur hidup kita di kota orang sehingga kita bisa menghadapi apa yang dialami oleh kita hari ini atau esok hari. Sedangkan SMA kita masih ketergantungan oleh orang tua kita.

2) Manajemen Waktu

Disiplin adalah kata kunci kita belajar dalam hidup mandiri, salah satunya adalah disiplin waktu. Sebagai mahasiswa kita dibebaskan begitu saja oleh kampus untuk berkreatif sehingga mahasiswa tidak hanya belajar dikelas saja. Contohnya seperti, mahasiswa yang berorganisasi harus bisa memanajamen waktu untuk rapat dan waktu untuk mengerjakan tugas.  Sedangkan SMA kita hanya belajar di kelas saja kemudian pulang kerumah.

3) Manajemen Uang

Selain manajamen waktu yang tidak kalah penting juga adalah masalah finansial terutama bagi mahasiswa perantau yang harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan yang harus dibeli. Sedangkan SMA kita biasa dikasih uang perhari sehingga tidak memikirkan kebutuhan hari esok.

4) Lingkungan Sekitar Berubah

Pada saat dikampus kita akan bertemu mahasiswa lainnya dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai latar belakang dari mereka sehingga kita harus bisa untuk mulai lagi beradaptasi agar kita bisa dengan terasa nyaman berada di kampus. Sedangkan SMA kita hanya bertemu teman sebaya kita di sekolah dan dilingkungan dirumah sekitar kita saja.

5) Pergaulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x