Mohon tunggu...
Celestine Patterson
Celestine Patterson Mohon Tunggu... Hoteliers - Hotelier: Hotel Management, Sales Leader, Management Hospitality

🍎Hotelier's Story : Pernak-Pernik Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2021). Warna-Warni Berkarir Di Dunia Hospitality (Galuh Patria, 2022). Serba-Serbi Dunia Perhotelan by CL Patterson dkk (Galuh Patria, 2023). Admin of Hotelier Writers Community (9 June 2023 - present)

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bertatapan

16 Oktober 2020   16:55 Diperbarui: 16 Oktober 2020   16:58 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
People speak because they have something to say. (photo CelestineP/dokpri)

Setiap kembali ke kantor sore hari, managerku selalu bertanya 'how many leads you got? Pertanyaan yang selalu dilontarkan sepulang sales call. Mencari leads artinya sama dengan blusukan dari kantor ke kantor untuk mendapatkan bisnis.

Sales call ialah salah satu tugas tatap muka bagi tim marketing hospitality.  Bertatap muka dengan pelanggan sembari mengenalkan produk hotel. Tidak selalu mengenalkan produk hotel semata, dapat juga menjalin hubungan baik yang berkesinambungan.

Sales call untuk membina hubungan baik 

Mengunjungi perusahaan satu persatu memerlukan mental yang tangguh.  Disaat panas terik kawan-kawan bekerja dalam ruangan ber-AC,  tim marketing berkeliling door to door menjumpai pelanggan.

Dikala kebosanan menerpa datang juga teman malas. Jika sudah duduk lupa berdiri. Karena jengah kami berlima pernah kabur ke Ancol dikala jam sales call. Duh. Kalau saja tertangkap bos. Once in the blue moon, pikirku. Maafkan ya bos.

Kehebatan berinteraksi dengan para pelanggan menonjolkan suatu ketrampilan. Itu sebabnya seorang penjual produk hotel harus memiliki gairah prima.  Kegairahan yang dapat menarik peruntungan bisnis.

Industri hotel terus menerus menyesuaikan diri di era digital marketing ini. Namun demikian, hotel-hotel masih menerapkan cara tradisional. Antara lain melalui temu muka, cara membina hubungan baik dengan pelanggan. Ini yang membangkitkan daya jual.

Sales call di kota-kota besar sebagai acuan

Memahami seluk beluk kota Jakarta dapat dijadikan tolok ukur kepiawaian sales hotelier.  Apabila kita telah paham market area Jakarta maka sales call di kota-kota lainnya  teratasi  dengan mudah.

Kesempatan sales trip ke Jakarta antara lain cara mengenali medan tempur. Paham ruas jalan dan lokasi gedung-gedung perkantoran. Selain disiplin tepat waktu, pahami juga gaya hidup orang kantoran yang memiliki kesibukan luar biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun