Mohon tunggu...
Bowo Susilo
Bowo Susilo Mohon Tunggu... Hi, Nama Saya Bowo Susilo seorang blogger. Hobi Menulis, traveling dan nonton.

Hi, Nama Saya Bowo Susilo seorang blogger. Hobi Menulis, traveling dan nonton. untuk kontak kerjasama bisa menghubungi ke emai saya bowosusilo68@gmail.com atau WA 082269912322

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Belajar Menulis di TMII Sekaligus Berwisata ke Pantai Maju

10 Agustus 2019   16:27 Diperbarui: 11 Agustus 2019   01:15 101 3 3 Mohon Tunggu...
Belajar Menulis di TMII Sekaligus Berwisata ke Pantai Maju
Belajar Soal Konten Marketing bersama Mas Iskandar Zulkarnaen (Foto : www.bowosusilo.com)

Dunia menulis tentu tidak akan pernah ada matinya, karena memang akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Beruntunglah buat kalian yang memiliki passion menulis, baik itu penulis cerpen, puisi, buku, blog, dan lain sebagainya. Lalu untuk mereka yang tidak memiliki skil menulis, apakah bisa menulis? Tentunya bisa saja jika ada niat dan keinginan untuk belajar menulis.

Tanggal 2-3 Agustus 2019 saya beruntung banget mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan menulis yang diadakan oleh Clickompasiana. Seneng banget karena akhir-akhir ini, Clickompasiana sering mengadakan event yang menarik dan banyak dapat ilmu. Clickompasiana sebelumnya sudah pernah mengadakan pelatihan menulis di Bogor, kemudian wisata ke Rumah Si Pitung, dan ini adalah yang ketiga di TMII (Alhamdulillah saya tak pernah absen untuk ikut cara Clickompasiana hehe). Karena memang event nya menarik, jadi saya excited untuk terus mengikuti kegiatannya.

Ibu Fanny J. Poyk memberikan tips menulis cerpen dan berbagi soal dunia kepenulisan secara umum (Foto : Bunda Siti)
Ibu Fanny J. Poyk memberikan tips menulis cerpen dan berbagi soal dunia kepenulisan secara umum (Foto : Bunda Siti)

Oke, belajar menulis kali ini bersama Ibu Fanny J. Poyk seorang penulis Cerpen, Novel dan juga pegiat literasi. Saya banyak banget dapat ilmu dari Ibu Fanny, pemaparannya begitu gamblang dan mudah dimengerti. Jadi saya semangat banget menyimak materinya dari awal sampai akhir.

Beliau terjun di dunia menulis tentu sudah dari dulu, sudah puluhan tahun dan akhirnya sukses sampai sekarang. Dari awal saya bertemu Ibu Fanny, sudah jelas terlihat bahwa beliau adalah pekerja keras. Semangatnya yang luar biasa dalam menciptakan sebuah karya, dan gemar membantu orang lain yang membutuhkannya.

Karya-karya Ibu Fanny tentu sudah tidak diragukan lagi ya teman-teman. Beliau kalau menulis novel, cerpen dan yang lainnya, selalu totalitas. Ceritanya memiliki kekuatan yang menonjol dalam menggambarkan sebuah kisah peristiwa yang ia tulis.

Salah satu karya Novel beliau adalah "Luka Batin yang Tersisa". Novel ini menceritakan soal perselingkuhan yang dilakukan oleh seorang istri terhadap suaminya yang menyebabkan luka batin yang tersisa pada suami dan juga anak-anaknya.

Nah dalam pelatihan menulis di TMII kemarin, Ibu Fanny membagikan beberapa tips dalam menulis sebuah novel ataupun cerpen. Untuk mendapatkan kualitas yang bagus, menulis harus dikerjakan dengan sepenuh hati. Bikin semenarik mungkin agar pembaca puas mengikuti alur jalan ceritanya.

Berikut adalah tips menulis cerpen ala Ibu Fanny J. Poyk:

Tentukan Judul

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN