Casmudi
Casmudi Wiraswasta

Gemar menulis dan berbagi informasi. Seorang Lifestyle & Travel Blogger. Trip Advisor : https://www.tripadvisor.com/members/casmudib Silahkan mampir di blog saya: http://www.casmudiberbagi.com/

Selanjutnya

Tutup

Travel-story Pilihan

Indahnya Hari Nyepi dari Bukit Puncak Pesona Bali

25 Maret 2018   21:00 Diperbarui: 25 Maret 2018   21:13 861 0 0
Indahnya Hari Nyepi dari Bukit Puncak Pesona Bali
Kolam renang di roof top atau lantai 5 (Sumber: dokumen pribadi)

Ada pepatah unik, "Di Bali, setiap hari adalah liburan". Hal ini menunjukan bahwa Bali selalu mempunyai kegiatan unik sebagai tujuan wisata. Baik, rangkaian kegiatan yang berlangsung secara berkala atau rutin tetapi ada rangkaian kegiatan unik yang berlangsung secara annual (tahunan). Salah satu ritual kegiatan yang berlangsung secara tahunan adalah perayaan Hari Raya Nyepi (Silence Day).

Kebetulan, Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 17 Maret 2018 lalu. Suasana Hari Nyepi selalu menarik perhatian bukan hanya bagi warga Hindu Bali sendiri tetapi bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Banyak wisatawan yang penasaran ingin merasakan "seperti apa" rasanya mengalami Hari Nyepi, di mana masyarakat Hindu Bali khususnya sedang melakukan Catur Brata Penyepian,yaitu: Amati Geni (tidak boleh menyalakan lampu), Amati Karya (tidak boleh bekerja), Amati lelungan (tidak boleh melakukan perjalanan ke luar rumah) dan Amati lelanguan (tidak boleh menghibur diri).

Dalam dunia hospitality, khususnya bisnis perhotelan banyak yang meluncurkan paket Nyepi. Serta, program-program menarik selama Hari Nyepi. Salah satunya adalah Golden Tulip Bay View Hotel & Convention Bali. Paket Nyepi dengan program-program menarik membuat occupantion (daya tampung hotel) full booking 100% alias semua dipesan oleh para tamu. Selanjutnya, pihak hotel pun siap melayani para tamu dengan pelayanan yang professional  dan memuaskan.

Para tamu hotel bisa menyaksikan Parade Ogoh-ogoh yang diadakan tidak jauh dari hotel. Menjelang pelaksanaan hari Raya Nyepi atau malam pengerupukan menjadi gemerlap dengan diadakannya Parade Ogoh-ogoh (boneka raksasa) oleh banjar setempat guna menolak segala niskala (keburukan) umat manusia. Banyak tamu hotel yang tidak melewatkan kesempatan untuk menyaksikan parade Ogoh-ogoh tersebut. Anda juga bisa melihat parade Ogoh-ogoh di video berikut:

Parade Ogoh-ogoh di banjar dekat Golden Tulip Bay View Hotel & Convention Bali (Sumber: dokumen pribadi/You Tube)

View dari Kamar

Saya dan istri juga tidak melewatkan kesenmpatan yang baik untuk menikmati suasana menginap di Golden Tulip Bay View Hotel & Convention Bali saat perayaan Hari Raya Nyepi. Meskipun, bukan pertama kali menginap di hotel tersebut tetapi merasakan menginap saat suasana Hari Nyepi merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Seperti biasanya, kondisi kamar yang nyaman, luxury dan "mbetahi" (bikin betah) menjadi pengalaman yang menarik bukan hanya untuk saya tetapi anda juga mesti mencobanya.

Menginap di kamar yang nyaman, luxury dan "mbetahi" di lantai 8 hotel (Sumber: dokumen pribadi)
Menginap di kamar yang nyaman, luxury dan "mbetahi" di lantai 8 hotel (Sumber: dokumen pribadi)
Golden Tulip Bay View Hotel & Convention Bali memang menawarkan pemandangan lansekap sebagaian pulau Bali yang indah dan bisa dinikmati dengan mata telanjang dari roof top (lantai 5). Namun, kali ini bisa menikmati pemandangan yang indah dengan bebas dari lantai 8. Wow, lebih amazing lagi kan dari lantai di bawahnya? Tentu. Bahkan, jika melihat lansekap seperti pantai Kedonganan, Jimbaran, Tuban dan lain-lain akan terlihat "super amazing" ketika cuaca sangat bersahabat. Berasa pengin seperti "Superman" dan terbang keliling dari ketinggian.   

Pemandangan pantai Jimbaran, Kedonganan dan Tuban (Sumber: dokumen pribadi)
Pemandangan pantai Jimbaran, Kedonganan dan Tuban (Sumber: dokumen pribadi)
 Seperti namanya, Golden Tulip Bay View Hotel & Convention Bali juga menawarkan pemandangan daratan yang menjorok ke lautan (bay) dari lansekap bandara Internasonal Ngurah Rai. Dengan mata telanjang saja, anda bisa melihat pesawat take off dan landing. Apalagi, saat malam hari, jika tidak suasana Nyepi maka lampu bandara bagai ratusan cahaya bintang yeng kelap-kelip. Namun, karena Hari Nyepi aktivitas bandara kini membisu. Yang tampak hanyalah kondisi bandara yang sedikit diselimuti kabut menjelang sore hari.

Pemandangan Gunung Batukaru dan bandara internasional Ngurah Rai (Sumber: dokumen pribadi)
Pemandangan Gunung Batukaru dan bandara internasional Ngurah Rai (Sumber: dokumen pribadi)
 Yang menarik adalah penampakan indahnya Gunung Agung sungguh mempesona. Aduhhhh, anda akan rugi jika melewatkan untuk menikmati keindahan tersebut. Gunung Agung yang merupakan ciri khas pulau Dewata dan beberpa bulan lalu mengalami erupsi beberapa kali sungguh menjadi pemandangan yang menakjubkan. Jika anda seorang fotografer, saya yakin menjadi objek yang mengagumkan. Oh ya, buktikan brosis!  

Keindahan Gunung Agung sulit untuk dilewatkan (Sumber: dokumen pribadi)
Keindahan Gunung Agung sulit untuk dilewatkan (Sumber: dokumen pribadi)
Instagrammable Spot

Sungguh, Golden Tulip Bay View Hotel & Convention Bali merupakan hotel bintang 4+ yang menyajikan banyak instagrammable spot.Jadi, bukan hanya pemandangan lansekap sebagian pulau Bali yang mengelilinginya tetapi keindahan di kawasan hotel sendiri juga menjanjikan jika anda sedang malas atau ogah jalan-jalan ke luar hotel. Sebut saja, Loving Bridge (Jembatan Cinta) yang berada di lantai 5. Jembatan berkayu yang berpagar di kanan dan kirinya menghubungkan gedung I (lantai 1-5) dan gedung II (lantai 6-9).

Saat anda berada di Jembatan Cinta ini, pemandangan yang ada di sekitarnya membuat anda betah berlama-lama. Air terjun (waterfall) buatan dan hiruk pikuk penghuni kolam renang di lantai 5 serta menimmati tumbuhan atau bunga bisa menjadi suasana romantis saat anda mengatakan kata "Cinta" dengan pasangan sejati anda. Cieee! 

Jembatan Cinta (Loving Bridge) di lantai 5 (Sumber: dokumen pribadi)
Jembatan Cinta (Loving Bridge) di lantai 5 (Sumber: dokumen pribadi)
 Instagrammable spot di selasar dari Jembaan Cinta menuju Branche Restaurant juga menjadi spot yang menarik untuk diabadikan. Kombinasi latar belakang tembok batu bata dan pepohonan hijau di seberangnya memberikan suasana alami dan tradisional. Apalagi, dengan kombinasi atap dari kaca tembus cahaya membuat jepretan anda akan lebih mengagumkan. So, jangan lewatkan untuk mengabadikan di area ini.  

Selasar menuju Branche Restaurant (Sumber: dokumen pribadi)
Selasar menuju Branche Restaurant (Sumber: dokumen pribadi)
      Sama seperti selasar di atas, kali ini adalah selasar yang menghubungkan Jembatan Cinta ke arah Balangan Meeting Room. Kondisi selasar yang didominasi warna putih menjadikan spot lebih ceria dan terang. Lantai yang didesain dengan gambar daun serta pelindung atap yang juga dari kaca tembus cahaya serta tiang dari baja & pepohonan hijau di kanan dan kiri selasar membuat suasana alami berbalut klasik. Dijamin, jepretan kamera anda makin yahud

Beralih ke roof top di lantai 5, banyak spot-spot menarik yang harus anda abadikan. Di kedua pojok roof top terdapat masing-masing bale bengong yang dilengkapi dengan meja dan kursi dari unsur kayu. Anda bisa mengabadikan dari bale bengong yang mana saja. Kedua-duanya sama-sama menarik karena dibatasi dengan pemandangan indah bentangan sebagian pulau Bali. 

Namun, saya dan istri menyempatkan untuk mengabadikan keindahan sambil duduk santai di kursi dari bale bengong sebelah kiri. Karena, posisinya seperti di tengah-tengah bagian bangunan hotel, jadi saya bisa melihat keindahan pemandangan dari sisi sebelah kiri hingga ke sebelah kanan. Bukan hanya itu, bale bengong yang berbatasan dengan kolam air membuat saya seperti berada di tengah alam. Keren! 

Dari bale bengong ini, anda juga bisa menikmati pemandangan sambil berdiri agar pemandangan tampak lebih maksimal. Bersama pasangan atau teman anda dan bersandar pada pagar berkaca, serasa anda sedang menikmati unlimited vacation. Seru banget, kan?

Pemandangan indah dari roof top yang tiada habisnya (Sumber: dokumen pribadi)
Pemandangan indah dari roof top yang tiada habisnya (Sumber: dokumen pribadi)
      Bagi yang masih jomblo, anda juga mesti mengunjungi spot menarik yang ada di bagian tengah hotel dan masih di lantai 5. Nikmatilah spot Rama & Sinta Chapel yang bisa menginspirasi anda agar tidak jomblo terus. Serta,  memberi tenaga untuk secepatnya mencari gebetan secara serius agar bisa mengikat "janji sehidup semati" dalam upacara pernikahan (wedding) yang membahagiakan.    

Rama dan Sinta Chapel di lantai 5 (Sumber: dokumen pribadi)
Rama dan Sinta Chapel di lantai 5 (Sumber: dokumen pribadi)
      Di sekeliling Rama & Sinta Chapel tersebut juga berhiaskan spot yang sulit untuk anda lewatkan. Berbagai pepohonan hijau, rumput Jepang dan bunga Anggrek yang tumbuh menggantung di beberapa pohon menjadi spot yang membuat anda bahagia. Saya beberapa kali melihat grup wisatawan Tiongkok dengan tampilan modis meskipun usianya sudah tidak muda lagi dengan bermodalkan smartphone melakukan aksi narsis baik selfie maupun wefie. Jepret sana, jepret sini. Smilleeee ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3