Mohon tunggu...
Carla Olympia Imanuel
Carla Olympia Imanuel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai ! Namaku Carla dari Jakarta dan aku suka makan sushi :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 3 Desember 2022 - Carla Olympia Imanuel

3 Desember 2022   20:42 Diperbarui: 3 Desember 2022   21:15 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 23 November lalu rangkaian acara Geladi Hominisasi dimulai dengan adanya tugas pra geladi. Dari tugas itu kami diperintahkan untuk memilih bagian yang paling berkesan dalam lagu Indonesia Raya dan menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan dokumenter yang saya tonton.

Saya memilih stanza 2 dari lagu Indonesia Raya yang menarik terutama pada kalimat "Indonesia tanah yang mulia, tanah kita yang kaya" mengingatkan kembali betapa kayanya negara kita dengan 17.000 pulau yang disertakan dengan kekayaannya masing masing bukan hanya alam namun juga budaya dan kalimat "Sadarlah hatinya, sadarlah budinya" juga menarik bagi saya karena menurut saya dari kalimat ini menggambarkan harapan bangsa agar masyarakat lebih digerakan hatinya untuk memperkuat kembali rasa cinta tanah air yang mungkin sempat pudar karena banyaknya konflik pemecah dalam negara. 

Baca juga: Karya Kita

Acara dilanjutkan dengan hari geladi yaitu tanggal 3 Desember dimana kami melakukan serangkaian kegiatan via zoom mulai dari diskusi bersama teman kelompok hingga presentasi ke penonton. Dari Geladi Hominisasi saya mendapatkan banyak pengalaman baru yaitu bertemu dengan teman baru antar jurusan, belajar untuk membuat sesuatu yang berkualitas dalam waktu yang pendek, dan belajar menerima kritikan untuk memperbaiki performa diri. Setelah mengikuti Geladi Hominisasi saya merasa perlu kemampuan menggunakan logika dan bahasa agar kita dapat menyampaikan gagasan dengan efektif dan efisien kepada audiens yang dituju. 

Dari Geladi saya mendapatkan banyak pelajaran baru yang akan berguna dalam kehidupan perkuliahan saya nanti. Terutama dalam berkoneksi dengan teman teman baru, hal ini bisa membukakan pintu kepada banyak perspektif yang memperkaya ilmu kita. 

Selain itu mentalitas berani terima kritik juga sangat penting karena dengan emenrima kritik kita dapat meningkatkan aspek dalam diri kita dan menuju kualitas diri lebih baik. Cara saya meningkatkan kemampuan dalam berpikir berbahasa sebagai warga negara adalah dengan menggunakan dasar dasar Pancasila dalam mengkaji sesuatu, juga melihat apakah sudah sesuai dengan moral masyarakat Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun