Mohon tunggu...
Carla Listiarini
Carla Listiarini Mohon Tunggu... Indonesia

Content Editor, Ordinary

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Jualan di Blibli? Banyak Pilihan Banyak Peluang

29 Februari 2020   23:13 Diperbarui: 29 Februari 2020   23:32 130 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jualan di Blibli? Banyak Pilihan Banyak Peluang
blibli-infografis-copy-png-5e5a8d80097f36460c47e662.png

Blibli.com sebagai salah satu produk dari anak usaha Djarum, PT. Global Digital Niaga, bergerak khusus dibidang Digital dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan marketplace bagi para seller untuk jualan online. Dilansir dari id.techinasia.com, Blibli.com merupakan salah satu marketplace dengan traffic top 5 besar di Indonesia. Hal ini tentu meningkatkan daya tarik tersendiri bagi Blibli.com selaku pemain E-Commerce Marketplace di Indonesia. Selain itu, pilihan kategori dan sub-kategori yang luas juga bermanfaat bagi pihak seller maupun konsumen.

Banyaknya pilihan kategori dan sub-kategori dapat menguntungkan seller dalam berjualan, terutama dalam hal perjanjian komisi margin untuk Blibli.com. Biaya management fee ataupun lebih biasa disebut margin fee yang dibayarkan ke pihak Blibli berkisar antara 2%-8%. Kategori produk yang tersedia sangatlah bervariasi, dari barang consumer goods, elektronik, hingga yang sifatnya enterntainment, seperti tiket event dan voucher belanja. Kategori produk yang berbeda belum tentu besar komisinya sama, contohnya barang-barang yang terdapat dalam kategori Bliblimart tentu lebih rendah dengan produk yang temrasuk didalam kategori fashion, baik pria maupun wanita.

Dari 16 kategori yang ada di Blibli.com pun terdapat banyak sub-kategori. Keluasan varian sub-kategori dapat membantu meringankan para seller, karena misalnya untuk satu kategori yang sama, namun jenis barangnya berbeda. Maka komisi margin yang dikenakan pihak Blibli.com akan berbeda. Sebagai contoh, untuk kategori kesehatan dan kecantikan, komisi yang dikenakan untuk timbangan berat badan dan hair straightener tidak sama.  

Semakin banyak pilihan dari kategori tentu mempermudah konsumen untuk mencari produk yang diinginkan. Kelengkapan sub-kategori yang tersedia juga berpotensi membuat konsumen meluangkan waktu lebih banyak menjelajah website belanja satu ini. Semakin lama konsumen menghabiskan waktu disebuah situs berbelanja tentu akan meningkatkan impulse buying atau tendensi keinginan belanja.

Dengan  semakin terpilahnya sub-kategori produk dalam suatu kategori, maka dalam operasional campaign marketplace pun lebih mudah. Misalnya, ada Monday Moms Day yang memberikan banner exposure khusus bagi para seller kategori ibu dan anak. Atau contoh lainnya adalah campaign Kamis Ganteng, yang bannernya muncul dihalaman utama Blibli setiap hari kamis. Campaign ini dikhususkan bagi para penjual dengan pilihan produk seperti aksesoris, elektronik, dan fashion yang lebih diminati konsumen pria. Dengan terbagi khusus nya campaign marketing di platform Blibli.com ini, secara tidak langsung juga mengingatkan konsumen bahwa untuk hari tertentu mereka akan mendapatkan promo khusus di kategori tertentu.

Dari 16 kategori yang ada di Blibli.com ini sangat terlihat juga bahwa Blibli.com sangat mendukung UMKM lokal. Jika anda masuk kedlam website Blibli, dibagian kategori maka anda akan melihat kategori Galeri Indonesia. Tentu akan mempermudah konsumen menemukan produk lokal. 

Selain itu, fitur-fitur dari Blibli.com sendiri mampu menunjang bagi para Seller dalam menjalankan usahanya, dari Back-end yang user-friendly, penyediaan training offline hingga training online pun tersedia bagi para seller pemula. Untuk perkembangan usaha pun Blibli juga telah menyediakan program B2B2C lainnya, seperti Click and Collect, Blibli in Store, maupun jasa operasional dan warehouse dengan Fullfilment Blibli. 

Penggunaan fitur Fulfilment Blibli atau lebih dikenal dengan jasa titip barang(konsinyasi) ini pun dapat berlaku bagi semua kategori. Dari barang kosmetik, sayuran, makanan beku, hingga elektronik. Tersedianya beberapa lokasi gudang di Blibli ini sangat menunjang berbagai seller untuk berjualan dengan menitipkan produk yang akan dijual di Blibli.com. Selain itu, penitipan barang di gudang Blibli pun masih Gratis. 

Blibli.com dengan inovasi dan keunikan dari platform e-commerce satu ini tentu dapat menjadikan situs belanja ini sebagai satu pilihan sales channel yang potensial. Keluasan kategori dan kelengkapan pemilihan sub-kategori ini sangat menguntungkan pihak Seller maupun konsumen. Kesimpulannya? Tunggu apalagi? Ayo jualan di Blibli.com!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x