Mohon tunggu...
Hewan Peliharaan (ACS)
Hewan Peliharaan (ACS) Mohon Tunggu... ojol

Tukang ojek online dan penulis recehan https://hewandankita.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Makanan yang Kurang Tepat Dihangatkan Kembali

2 Februari 2019   20:53 Diperbarui: 2 Februari 2019   21:06 0 3 0 Mohon Tunggu...
Makanan yang Kurang Tepat Dihangatkan Kembali
(Sumber:food.ndtv.com)

Biasanya ada kebiasaan tertentu untuk setiap keluarga untuk menghangatkan makanan yang disimpan dalam lemari es. Makanan yang biasa dimasak dalam jumlah besar untuk menghemat bakan bakar, waktu atau bisa juga karena perkiraan yang tidak sesuai, sehingga makanan tersisa banyak.

Beberapa keluarga, ada yang sebagian menyimpan makanan lebih tersebut dalam lemari es dan menghangatkannya dengan cepat menggunakan microwave atau pemanas.

Dari beberapa jenis makanan yang dipanaskan kembali, sebagian dari kita mungkin tidak menyadari kemungkinan resiko penyakit yang bisa ditimbulkannya, seperti kanker, sudah tidak terdapatnya protein hingga zat yang terkandung di dalamnya benar-benar berubah menjadi kurang baik untuk kesehatan.

1. Daging ayam
Memanaskan daging ayam punya risiko untuk kesehatan tubuh. Proses menghangat daging ayam yang mengubah komposisi zat yang terkandung didalamnya, protein dalam ayam dapat menyebabkan masalah terkait pencernaan lambung.

2. Jamur
Makanan jenis jamur punya tempat khusus untuk mereka yang mengemarinya. Namun, saat makanan jamur akan dipanaskan untuk disantap kembali, kemungkinan komposisi protein yang terkandung didalamnya bisa berubah dan memicu masalah kesehatan jika dikonsumsi untuk tubuh.

3 Telur
Beragam lauk pendamping nasi, telur barangkali menjadi makanan yang mudah ditemui di sebagian besar keluarga. Proses pemanasan untuk telur yang memiliki kandungan protein tinggi, protein dalam telur  bisa menjadi berbahaya dan menyebabkan masalah terkait pencernaan lambung.

4. Seledri
Penggunaan daun seledri untuk melengkapi menu lauk, biasa dijumpai pada makanan sejenis sop-sop-an. Kandungan nitrat yang terdapat dalam seledri, jika dihangatkan dapat mempengaruhi kesehatan. Untuk memghangatkan makanan yang terdapat seledri, ada baiknya bagian seledri di pisahkan terlebih dahulu.

5. Kentang
Camilan sejenis kentang cukup populer untuk disantap saat menemani acara tertentu. Namun, kentang akan kehilangan manfaatnya dan mempengaruhi pencernaan ketika dihangatkan kembali.

6. Sayur bayam
Nilai kandungan bayam sangat baik untuk kesehatan. Namun, sayur bayam dapat menjadi masalah jika dipanaskan. Pemanasan bayam yang merubah nitrat dalam bayam menjadi nitrit.

*
Memasak atau membeli menu untuk dimakan sering menjadi problem tersendiri untuk ibu rumah tangga. Jika memasak terlalu sedikit, ada anggota keluarga yang tidak mendapatkan bagiannya. Namun saat dimasak sesuai perkiraan, seringkali ada anggota keluarga yang sudah makan di luar rumah, yang akhirnya makanan yang disediakan tidak dikonsumsi.

Tidak jarang, makanan tersebut masih tersisa cukup banyak yang menjadi dilema untuk dibuang. Dengan mengetahui beberapa jenis makanan yang kurang tepat untuk dihangatkan kembali, semoga bisa menjadi informasi yang berguna untuk memperkirakan makanan yang akan disiapkan untuk keluarga.

Sumber

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x