Mohon tunggu...
Hewan Peliharaan (ACS)
Hewan Peliharaan (ACS) Mohon Tunggu... ojol

Tukang ojek online dan penulis recehan https://hewandankita.blogspot.com dan https://tiprambutsehat.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Jangan Sepelekan Manfaat Helm Ketika Naik Motor

10 Januari 2019   18:56 Diperbarui: 10 Januari 2019   18:58 0 5 3 Mohon Tunggu...
Jangan Sepelekan Manfaat Helm Ketika Naik Motor
(Sumber Tribunnews.com)


Motor dan helm adalah bagian yang tidak bisa kita pisahkan di manapun. Penggunaan helm yang nyaman dan benar di kepala saat mengendarai motor sudah menjadi aturan yang wajib, sebab kita tidak pernah tau seandainya terjadi musibah selama naik motor.

Sayangnya,  tidak sedikit juga dari penumpang dan pengemudi motor yang menyepelekan penggunaan helm. Alasan yang banyak dikemukan dan terdengar klasik, biasanya alasan jaraknya dekat, tidak ada polisi, merepotkan dan alasan lainnya.

Jika kita mencari berita tentang kecelakaan yang terjadi pada kendraan motor. Mulai dari kasus jambret yang menewaskan penumpang dan pengemudi karena tidak menggunakan helm hingga kecelakaan akibat tertabrak dan di tabrak mobil dan tersengol pembatas jalan di jalan raya serta ngantuk. Sebagian dari peristiwa tersebut, pengemudi dan penumpang banyak mengalami hal yang fatal.

Tidak jarang juga kecelakaan sepeda motor terjadi akibat berboncengan penumpang tidak sesuai peruntukannya. Pemandangan di jalan raya ketika kita melihat orang dewasa dengan 3 hingga 4 orang dalam satu motor, justru memperbesar resiko terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam Medical Journal of Australia terhadap helm dan manfaat yang bisa dirasakan penggunanya menyebutkan, ada bukti hubungan antara cedera kepala berat akibat kecelakaan dan penggunaan helm, seperti dikutip dari ABC Science.

Dr Michael Dinh, pemimpin peneliti dari University of Sydney, dan timnya mengkaji data 348 pasien berusia 15 tahun ke atas yang dirawat di 7 rumah sakit. Tim menemukan pesepeda yang tidak menggunakan helm 5,5 kali lebih mungkin menderita cedera kepala berat dibandingkan pesepeda yang menggunakan helm.

Membiasakan diri sendiri dan penumpang yang ikut serta dengan kita saat berkendara, banyak manfaat yang sering tidak pernah terduga jika terjadi kecelakaan di jalan raya.

Medical Journal of Australia juga mengungkapkan bahwa sosok yang terbiasa menggunakan helm, telah menggurangi resiko fatal di bagian kepala mencapai 5,5 kali pada orang yang tidak menggunakan helm jika mengalami kecelakaan.

Jadi, menggunakan helm saat berkendara motor karena alasan jalan yang kita lalui terdapat polisi, sudah sebaiknya ditinggalkan. Ketika melalui jalan yang tidak terdapat polisi, membuat kita lengah hingga menyepelekan manfaat dari helm.