Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

9 Rahasia Menulis CV yang Memikat dan Tips Menciptakan Kesan Ketika Interview

24 Juni 2019   16:58 Diperbarui: 25 Juni 2019   19:00 0 8 4 Mohon Tunggu...
9 Rahasia Menulis CV yang Memikat dan Tips Menciptakan Kesan Ketika Interview
Ilustrasi menulis CV dan interview yang mengesankan | Foto: Inc.com

Apakah Anda termasuk orang yang sedang mencari atau melamar sebuah pekerjaan? Ataukah Anda pernah berkali-kali menulis surat lamaran kerja namun tak ada satu pun perusahaan yang memanggil untuk mengikuti tes seleksi? Boro-boro di interview. Ataukah Anda masih bingung bagaimana membuat surat lamaran beserta riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) yang memikat dan menjual?

Jika ia, maka Anda lah orang yang tepat membaca dan memahami dengan baik artikel ini. Ya, inilah 9 rahasia membuat CV yang memikat perusahaan yang Anda "tembak", hingga bagian Human Resources Development (HRD) langsung jatuh hati pada Anda bahkan sebelum melihat Anda sekalipun. Namun jika Anda keliru membuat CV, maka perusahaan mana pun tidak akan pernah menerima Anda.

So, jangan pernah anggap remeh dengan surat lamaran kerja dan membuat CV. Banyak aplikan yang berkas mereka tidak disentuh sedikit pun oleh orang-orang bagian HRD karena apply Anda tidak menarik. Padahal Anda sudah bersusah payah menulisnya dan mengirimnya kepada mereka. Kasihan bukan?

Memang namanya surat lamaran, dan dari sisi namanya terlihat biasa saja dan tidak ada yang rumit. Toh semua lulusan SMA bisa membuatnya apalagi jika sarjana tentu lebih enteng. Mungkin apa yang saya katakan tersebut pernah terlintas dalam benak Anda seperti itu. Tapi tahukah Anda, itu adalah pemikiran dan anggapan yang sangat salah.

Perlu Anda ketahui, surat lamaran bukan sekadar syarat untuk melamar pekerjaan. Surat ini secara tidak langsung memberikan gambaran kepada perusahaan terkait mengenai kepribadian Anda. Ibaratnya ia seperti kemasan sebuah produk. Penilaian awal selalu tergantung kemasannya.

Begitu pula halnya dengan CV justru lebih urgen. Keberadaan CV bukan sebagai pelengkap surat lamaran kerja belaka, namun justru itulah dokumen penting yang menjelaskan rekam jejak Anda, menjelaskan siapa Anda, hingga HRD akan mudah mengenali Anda bila CV yang Anda sodorkan terlihat menarik dan meyakinkan.

Menulis sebuah CV yang menarik, memikat dan "menjual" bukan hanya memperhatikan soal konten, desain, dan standar CV yang diinginkan oleh perusahaan calon penerima Anda. Namun juga meliputi hal-hal teknis lainnya apalagi sekarang ini semuanya serba daring. Seperti mengirimkan via email.

Oleh karena itu hal yang paling penting sebagai langkah awal agar Anda memiliki peluang lebih besar untuk dipanggil interview dari sekian banyak pesaing Anda adalah sukses membuat pihak HRD perusahaan yang Anda tuju berkesan pada CV Anda.

Bagaimana perusahaan target Anda bisa memilih CV Anda untuk dipertimbangkan jika CV Anda tidak terlihat baik, tidak berkesan dan tidak menonjol diantara tumpukan CV lain?

Lantas, tulislah CV Anda dengan baik, tersusun rapi, dan enak dipandang mata. Susunlah CV Anda dengan jelas dan ringkas untuk mempermudah HRD mendapatkan informasi lengkap mengenai diri Anda. Tuliskan nama, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan informasi kontak personal secara detail dan lengkap serta berurutan. Sehingga orang HRD merasa terkesan.

Pada even One Day Workshop membongkar "9 Rahasia Menulis CV dan Trik Mengesankan Dalam Interview" ini dibawakan oleh pembicara dan motivator Qudus Husein, SH.CH.CHT.L.NLP sekaligus praktisi NLP dari Qiu Institute Aceh membagi rahasia itu untuk penulis dan pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x