Hamdani
Hamdani Cangkoi Burong | Penulis Independen

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pusat Oleh-oleh Khas Aceh yang Dicari Traveller

13 Juni 2018   12:33 Diperbarui: 13 Juni 2018   12:41 800 2 0
Pusat Oleh-oleh Khas Aceh yang Dicari Traveller
Pusat Penjualan dan Promosi Souvenir Aceh sebagai Pasar Modern Oleh-oleh Aceh. Jalan Diponegoro Pasar Atjeh Kota Banda Aceh (foto: dokpri)

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia jika bepergian selalu bawa oleh-oleh, ntah mau berkunjung ke tempat kerabatnya, teman atau keluarga. Setiap mau berangkat selalu saja ada yang nitip.

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan kondisi seperti itukan? Lalu kemudian kita sering kebingungan, beli apa ya? Beli di mana ya? Oleh-oleh khas daerahnya apa ya? Dan mungkin masih banyak pertanyaan yang muncul dibenak kita. Benar tidak sih? 

Nah kali ini saya ingin berbagi tentang oleh-oleh khas Aceh dan bisa dibeli di mana bagi para traveller yang suka dititipi sama teman, sahabat dan keluarga tercinta barangkali ya. 

Tapi informasi ini bisa juga bermanfaat bagi kamu yang akan bepergian ke Aceh, lalu bingung cari bawaan apa dan dapatinnya di mana. Atau kalau saat ini kamu lagi mengembangkan usaha rumahan bidang souvenir, makanan khas oleh-oleh dan lagi nyari pasar (market) untuk kerjamasama, boleh lho datang ke Pusat Promosi Oleh-oleh Aceh di Jalan Diponegoro Pasar Atjeh Kota Banda Aceh atau boleh hubungi saya ya. 

Pasar ini sebenarnya sudah sejak lama ada di pusat kota, namun waktu itu bangunan pertokoannya masih belum seperti sekarang ini. Penataan kawasan pertokoan pusat berbelanja di Pasar Atjeh dilakukan kembali dengan gaya khas bangunan Aceh oleh Walikota Mawardi Nurdin dan Iliza Saaduddin Djamal paska tsunami tahun 2004.

Dengan dana bantuan Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Republik Indonesia, maka dibangunlah sebuah pusat pasar berlantai tiga dengan pengelolaan lebih baik, bersih dan rapi. Dan diresmikan oleh wakil Walikota Bu Illiza sebagai pusat pasar modern namun menjual produk-produk UKM dan disewakan kepada masyarakat. 

Tempatnya Bersih, Aman dan Nyaman. Sangat Cocok Bagi Penikmat Oleh-oleh Khas Aceh (dokpri)
Tempatnya Bersih, Aman dan Nyaman. Sangat Cocok Bagi Penikmat Oleh-oleh Khas Aceh (dokpri)
Pusat oleh-oleh khas Aceh ini terletak 50 meter dari belakang bagian selatan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Untuk menjangkau pasar ini kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan kenderaan bermotor karena disini tersedia juga tempat parkir yang sangat luas, mampu menampung 200 mobil dan 200 motor. 

Selain fasilitas parkiran yang aman dan nyaman, di pusat pasar oleh-oleh ini juga dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Sehingga pembeli tidak perlu merasa gerah saat berbelanja. Lantainya bersih dan harum, semakin menambah kenyamanan berburu Oleh-oleh yang diinginkan. 

Beraneka ragam produk yang ditawarkan oleh para pedagang yang berjumlah 150 outlet ini, mulai dari makanan khas, kue tradisional khas Aceh, souvenir hingga pernak-pernik etnik yang unik bahkans sampai baju dan batik Aceh juga tersedia. 

Produk yang dijual rata-rata adalah hasil produk pelaku UKM dan Koperasi. Pengerjaan produksinya dilakukan dengan teknologi sederhana atau biasa disebut dengan istilah home made. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas orisinil dari produk yang dihasilkan. 

Diantara produk khas unggulan yang paling banyak dicari oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah souvenir karawang Aceh, kerawang Gayo, kopi, kue Aceh, kopiah Aceh dan pernak-pernik etnik seperti bross Pintu Aceh, cincin batu giok, dan baju kaos Aceh. 

Kue khas Aceh yang paling banyak dibeli oleh para pengunjung apalagi menjelang lebaran sebagai oleh-oleh adalah; kue timphan, bhoi, kekarah, kue sumprit, kue dahlia, bolu, bakpia Sabang, dodol Aceh, kue adee Meureudu dan kue meuseukat. 

Semua kue-kue khas tersebut dibuat oleh UKM secara tradisional (home industry) secara khusus dan memperhatikan bentuk dan rasa. Di Banda Aceh sendiri memiliki sentra-sentra produksi kue khas Aceh seperti di kawasan Lampisang.

Kue-kue yang telah dibuat, lalu dikemas dengan baik dalam kemasan yang cetak seperti kotak dengan memperhatikan standarisasi BPOM dan Dinas Perindustrian mengenai izin edar dan keamanan pangan atau makanan olahan. 

Harga yang ditawar pun di pasar pusat Oleh-oleh ini sangat tejangkau, kamu hanya perlu menawar saat melakukan transaksi jual beli. Tidak perlu kuatir kalau meminta harga lebih rendah karena para pedagang di sini sangat senang berkomunikasi dengan pelanggan yang datang. Apalagi jika Anda bisa Bahasa Aceh, nah sapalah mereka. 

Sepertinya tidak lengkap berkunjung ke Aceh kalau pulangnya tidak bawa pulang Oleh-oleh sebagai bawaan yang selalu dinanti-nantikan oleh teman-teman, keluarga dan kerabat. Apalagi saat mudik, beli kue khas Aceh bisa menjadi sekaligus sebagai sajian lebaran bagi para tetamu. 

Jangan lupa datang dan berbelanja di pasar pusat oleh-oleh khas Aceh ya traveller. Di lantai 1 tersedia banyak pilihan Oleh-oleh dan lantai 2,3 kamu bisa belanja pakaian yang kamu sukai. 

Salam