Mohon tunggu...
Candra Permadi
Candra Permadi Mohon Tunggu... Penerjemah - r/n

r/n

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Final Wilayah NBA: Defense adalah Kunci

29 Mei 2022   20:43 Diperbarui: 1 Juni 2022   12:38 347 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
curry (straits times)

 

Suka tidak suka, doyan tidak doyan, defense adalah kunci permainan tim NBA masa kini. Bahkan untuk Golden State Warriors, tim yang punya basis fans luar biasa di seluruh dunia, karena permainannya yang menghibur Lewat akurasi tembakan tiga angka Steph Curry dan Klay Thompson.

Warriors bisa mencetak tembakan tiga angka dengan begitu mudah, bukan hanya karena mereka punya duet penembak jitu terbaik di dunia, tapi karena mereka melepaskan tembakan saat pertahanan tim lawan belum terbentuk sempurna.

Beruntung, mereka punya Draymond Green, forward yang bisa bermain sebagai center maupun playmaker, yang mesti tinggi badannya tidak sesemampai center kebanyakan yaitu hanya 201 cm, dengan kakinya yang lincah dan tubuhnya yang gempal.

Green mampu menjaga pemain mana pun di NBA, yang nota bene lebih cepat atau lebih tinggi dari Green, meski pemain yang bersangkutan rata-rata bertinggi mendekati atau mendekati 210 cm.

Skill itulah yang juga dimiliki pemain bertahan terbaik musim ini Marcus Smart yang juga gempal dan tercatat hanya bertinggi 191 cm. (NBA highlight )

 

Di game kelima (terakhir) babak final wilayah antara Golden State Warriors melawan Dallas Mavericks beberapa hari lalu, keunggulan Warriors di 9-2 quarter awal justru dicetak lewat serangan balik, di mana Jalen Brunson gagal mencetak angka di bawah kawalan Draymond Green.

Menariknya, poin-poin awal yang dicetak Warriors pada game tersebut pun bukan dari tembakan tiga angka melainkan lewat umpan Curry atau Green pada Kevon Looney yang bergerak bebas tanpa kawalan di bawah jaring.

Kalaupun terkawal, Looney masih lebih kekar ketimbang pemain center Dwight Powel yang notabene lebih tinggi ketimbang Looney.

Bukan hanya menunggu tembakan lawan luput, Warriors bisa berinisiatif merebut bola dengan menempel pemain pendribel bola dengan satu hingga dua pemain mulai dari tengah lapangan, dengan risiko, apabila bola tidak berhasil direbut, pemain tim lawan justru akan lebih leluasa mengkreasikan serangan karena jarang antar pemain Warriors yang terlalu lebar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan