Mohon tunggu...
Ruslan Effendi
Ruslan Effendi Mohon Tunggu... Akuntan - Pemerhati Anggaran, Politik Ekonomi, Bahasa

Penulis pada International Journal of Public Administration

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Intertekstualitas dalam Paragraf: Catatan Etnografis

13 November 2020   23:24 Diperbarui: 13 November 2020   23:34 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Ilustrasi dalam buku Norman Fairclough

Pada kesempatan ini ijinkan saya berbagi tentang analisis intertekstualitas yang diambil dari buku Norman Fairclough berjudul Analyzing Discourse: Textual Analysis for Social Research. Dalam menganalisis teks, Norman Fairclough memberikan ilustrasi pada buku T.J. Watson, In Search of Management: Culture, Chaos and Control in Managerial Work, Routledge 1994, halaman 207--8, sebuah studi etnografi tentang manajer dan  manajemen. Penerbit memberi komentar atas buku ini sebagai berikut:

"Kekacauan dan kendali, persaingan, kelangsungan hidup, kompetensi,pemberdayaan, perubahan budaya: ini adalah jenis masalah yang selalu dihadapi manajer.Dalam mencari pemahaman tentang manajemen di antara para manajer itu sendiri, Tony Watson membuat gambaran yang jelas tentang cara manajer membentuk hidup dan identitas mereka sendiri pada saat yang sama sebagai pembentuk aktivitas kerja organisasi. Melalui penelitian partisipatif yang dekat, hasil dan kesulitan mengelola di dunia yang terus berubah terungkap secara mencolok."

Kutipan dari salah satu wawancara penelitian buku tersebut:.

Budaya dlm bisnis yang sukses berbeda dengan dlm bisnis yang gagal (Representasi gagal dan berhasil; Tindakan ). Ini akan mjd sama dengan negara atau kota (ruang-waktu). Anda bisa melihat ini saat Anda pergi ke Liverpool. Saya tidak terlalu sering pergi kesana, tetapi ketika kesana, saya kembali dengan perasaan sangat tertekan. Aku benar-benar bisa menangis saat melihatnya sekarang; cara itu telah dihancurkan. Itu telah dihancurkan oleh kebodohannya sendiri. Saya ingat sbg seorang anak dermaga, panjangnya delapan belas mil. Sekarang sudah mati. Ini semua adalah masalah politik; daerah ini telah kelaparan selama bertahun-tahun. Itu sudah terjadi sejak abad kedelapan belas, sehingga orang-orang ini telah diturunkan ke titik di mana mereka berharap untuk ditindas.  Mereka benar curiga terhadap perubahan apapun (modalitas). Mereka sangat curiga pada siapapun yang mencoba membantu mereka. Mereka segera mencari penipuan. Mereka juga telah dididik untuk percaya bahwa sebenarnya pintar untuk "mengalahkan mereka". Jd mereka semua melakukannya. dan garis batas yang diperbolehkan oleh serikat pekerja untuk diberlakukan di wilayah-wilayah tersebut, karen  itu, membuatnya sama sekali tidak fleksibel hingga ke titik di mana hal itu merusak. Saya tahu itu. Saya dapat melihatnya.''

 "dan bagaimana ini berhubungan dengan apa yang terjadi di sini?' (Interogatif)

"Baiklah, saya akan berkata, bgmn Anda mengubah budaya negatif semacam ini? Kami telah melakukan banyak hal disini. Tetapi ketakutan terbesar saya adalah bahwa mereka akan menghancurkan semua pekerjaan baik yang kami lakukan di situs ini jika mereka terus mendorong dan mendorong dan mendorong ujung bawah (bottom end ) seperti yang mereka lakukan. Saya percaya bahwa orang-orang akan bereaksi sedemikian rupa sehingga mereka akan menghancurkan segalanya.

 '' Ujung bawah? ' (Korban)

Tenaga kerja; mendorong mereka dengan menyingkirkan, maksud saya. Bagaimana Anda bisa mencapai fleksibilitas ini, perkembangan pribadi dan bisnis ini pada saat yang sama saat Anda menyingkirkan? Seperti yang dikatakan seseorang kepada saya kemarin, seorang operator, "Mengapa saya saat ini melakukan yang terbaik agar saya dapat mengeluarkan produk ini ketika besok pagi Anda bisa memberikan ku  amplop coklat? " Saya tidak punya jawaban. "

 "Tetapi pekerjaan bagus yang Anda maksud?"

"Ambil IR (Industrial Relations). Ada rencana terkoordinasi untuk mengambil kekuasaan dari serikat pekerja dan memberikannya kembali kepada manajer dan memberikannya kembali kepada tenaga kerja juga. Itu berjalan cukup baik. Tetapi putaran redundansi yang berkelanjutan ini akan memberi kesempatan untuk mengatakan, "Kami sudah bilang begitu; kami tahu itu adalah rencana dasar selama ini. " Pengurus serikat dapat berkata, "Anda seharusnya mendengarkan kami sepanjang waktu."

 ''dan perubahan lainnya?'

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun