Mohon tunggu...
Cairin
Cairin Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Financial Technology

Cairin - adalah platform Pinjaman Cepat dana rupiah yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Aplikasi Kredit Uang Tunai Online Tanpa Agunan,Mudah dan Aman

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Trik Menghemat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Anti Tekor!

21 September 2021   16:12 Diperbarui: 21 September 2021   16:16 32 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Trik Menghemat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Anti Tekor!
Cairin.id

Belanja menjadi salah satu tugas penting seorang ibu rumah tangga selain mengurus mengurus suami dan anak, memasak, membersihkan rumah. Sayangnya, harga bahan kebutuhan pokok yang kerap mengalami kenaikan membuat para ibu harus lebih pintar dalam mengatur keuangan, salah satu caranya dengan berhemat.

 Pada dasarnya, berhemat bisa dilakukan dalam berbagai cara. Misalnya saja dengan menghemat anggaran uang belanja secara sederhana sekaligus bijaksana. Sebab, jika kesulitan dalam mengatur keuangan, bukan tidak mungkin pengeluaran bulanan untuk keperluan rumah tangga justru membengkak.

 Dengan menghemat uang untuk belanja bulanan, kamu bisa mengendalikan pengeluaran dan menjaganya tetap terstruktur. Bahkan, ketika kamu menghemat anggaran belanja seperti ini malah membuat kamu lebih untung. Apalagi jika penghasilan keluarga belum mampu mencukupi segala keperluan rumah tahu.

 Setidaknya ada beberapa trik bijak dan sederhana untuk sekadar menyelamatkan finansial rumah tangga. Menariknya, trik di bawah ini tidak akan membuat keluarga kamu susah maupun kekurangan karena menghemat. Berikut beberapa di antaranya yang bisa mulai kamu terapkan.

 1. Buat catatan belanja secara detail

 Trik yang pertama adalah membuat catatan rencana pembelanjaan demi menghemat pengeluaran rumah tangga. Melalui cara satu ini, dijamin kamu bisa lebih mudah dalam mengingat detail barang yang habis ataupun perlu dibeli.

 Tak hanya itu saja, kamu bisa semakin terbantu berkat catatan semacam ini. Salah satunya adalah menghindari keinginan untuk membeli barang tidak penting.  

 2. Catat daftar menu selama seminggu

 Umumnya, pos pengeluaran paling boros dalam rumah tangga adalah soal makanan. Guna mengantisipasi pemborosan yang terjadi coba buat daftar menu untuk makan selama seminggu. Artinya, kamu harus membeli beberapa bahan makanan untuk tujuh hari kedepan.

 Jika ingin lebih mudah, coba tiru metode food preparation yang kini sedang trending di media sosial. Dengan begitu, biaya pengeluaran makanan bakal jauh lebih murah daripada harus membeli eceran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan