Mohon tunggu...
Cahya Nurarif Ramdhani
Cahya Nurarif Ramdhani Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

Saya adalah Prompt Engineer AI Spesialist dan memberikan informasi seputar Kecerdasan Buatan (AI)

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence Pilihan

Seni Personalisasi Email Marketing dengan Bantuan AI: Menggali Hidden Gem Digital Marketing Masa Depan

21 Januari 2024   21:57 Diperbarui: 21 Januari 2024   22:03 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Foto Email oleh Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk dari Unsplash

Dalam era digital yang terus berkembang, keberhasilan kampanye email marketing tidak hanya bergantung pada pesan yang kuat dan disesuaikan dengan orang. Dalam hal ini, kecerdasan buatan (AI) sangat penting. Sebagai seorang digital marketer yang memperhatikan efektivitas kampanye mereka, kita akan menggunakan AI untuk mempelajari seni personalisasi dalam email marketing.

1. Transformasi Personalisasi dengan Kehebatan AI

Sumber: Foto Data Statistik oleh  Carlos Muza dari Unsplash   
Sumber: Foto Data Statistik oleh  Carlos Muza dari Unsplash   

Personalisasi adalah dasar yang membedakan antara pesan yang relevan dan konten yang diabaikan dalam kampanye email marketing yang sukses. Digital marketer dapat membawa personalisasi ke tingkat berikutnya, membuat pengalaman pelanggan yang luar biasa.

2.  Menggali Data Pelanggan untuk Personalisasi yang Mendalam

Sumber: Foto Database Customer oleh Myriam Jessier dari Unsplash   
Sumber: Foto Database Customer oleh Myriam Jessier dari Unsplash   

Menggali data pelanggan adalah langkah pertama dalam seni personalisasi dengan AI. Dengan mengumpulkan informasi seperti preferensi, perilaku pembelian, dan interaksi sebelumnya, AI dapat membuat gambaran yang akurat tentang setiap pelanggan. Digital marketer yang cerdas akan tahu betapa pentingnya data ini untuk personalisasi yang efektif.

3. Menerjemahkan Data Menjadi Tindakan: Kecerdasan AI di Balik Layar

Sumber: Foto Gmail oleh Yogas Design dari Unsplash   
Sumber: Foto Gmail oleh Yogas Design dari Unsplash   

Bagaimana sebenarnya kecerdasan buatan dapat memanfaatkan data pelanggan? Ini mencakup sejumlah model pembelajaran mesin dan algoritma yang digunakan untuk menemukan pola dan tren yang mungkin sulit diakses oleh manusia. Seorang Digital Marketer yang memahami proses ini dapat mengoptimalkan penggunaan AI untuk mengetahui preferensi dan kebutuhan pelanggan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun