Mohon tunggu...
Cahaya Priangan
Cahaya Priangan Mohon Tunggu... Kabupaten Tasikmalaya

Surat kabar digital

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Mendekatkan Layanan Publik ke Selatan

25 Maret 2020   10:05 Diperbarui: 25 Maret 2020   11:25 4 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendekatkan Layanan Publik ke Selatan
Foto: Media Indonesia

 

Pusat pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya yang terkonsentrasi di wilayah utara membuat hampir semua fasilitas layanan publik yang ada bertempat juga di sana. Fasilitas seperti kantor pelayanan publik milik pemerintah, rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap, pusat ekonomi, industri dan urusan kependudukan lainnya. Kondisi tersebut selama ini kian menciptkakan ketimpangan akses dan kesempatan bagi warga Kabupaten Tasikmalaya yang tinggal di wilayah selatan.

Namun, saat ini kondisi tersebut telah kian menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Tasimalaya. Bupati Ade Sugianto menyebutkan bahwa pemerintah akan membangun kantor-kantor perwakilan di daerah selatan untuk mempermudah warga di daerah tersebut mengakses pelayanan publik milik pemerintah. Urusan-urusan yang dapat diselesaikan lebih cepat dengan adanya kantor perwakilan tersebut salah satunya adalah urusan kependudukan, urusan aduan masyarakat, dan pelayanan lainnya.

Selama ini, warga Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam hanya untuk mengakses pusat pemerintahan kabupaten. Jika nantinya kantor-kantor perwakilan telah dibangun di wilayah selatan maka akan banyak waktu yang sebelumnya teralokasikan di perjalanan dapat dipergunakan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, Bupati Ade Sugianto juga menyebutkan akan melakukan percepatan pembangunan jalan dari dan menuju Kabupaten Tasikmalaya wilayah selatan. Pembangunan jalan itu nantinya diharapkan akan memberikan dampak waktu tempuh yang lebih singkat serta dampak-dampak ekonomi lainnya lantaran pemerintah kabupaten juga akan memberikan perhatian pada sektor pariwisata di wilayah selatan.

VIDEO PILIHAN