Mohon tunggu...
Muhammad Fajrin Buyang Daffa
Muhammad Fajrin Buyang Daffa Mohon Tunggu... Siswa di SMAN 28 Jakarta.

Pelajar yang senang bercerita.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Langkah-langkah Melakukan Orientasi Medan Saat Menjelajah Alam

2 Agustus 2020   12:39 Diperbarui: 2 Agustus 2020   12:31 80 2 0 Mohon Tunggu...

Orientasi medan adalah kegiatan untuk mengenali medan di sekitar kita dengan cara menyamakan kedudukan peta dengan medan sebenarnya. Sebelum memulai orientasi medan, usahakan untuk mengenal terlebih dulu tanda-tanda medan di sekitar yang menyolok dan terdapat pada peta. 

Hal ini dapat dilakukan dengan mencocokkan suatu objek alam yang cukup jelas keberadaannya dan tidak dimungkinkan untuk berpindah tempat, contohnya seperti gunung. Jadi minimal anda tahu secara kasar posisi anda sekarang berada di mana. Orientasi medan ini hanya berfungsi untuk meyakinkan anda bahwa perkiraan posisi anda di peta adalah benar.

Lalu, bagaimana cara kita melakukan orientasi medan? Kita dapat melakukannya dengan langkah - langkah berikut ini :

1. Cari tempat yang terbuka agar dapat melihat tanda-tanda medan yang mencolok.

Usahakan untuk berada di tempat yang terbuka, agar kita dapat melihat tanda-tanda medan yang mencolok. Tanda-tanda medan yang dimaksud bisa berupa gunung, sungai, desa dll. Selain itu kita juga dapat menggunakan objek lain seperti lumut, di mana lumut selalu tumbuh ke arah timur.

2. Letakkan peta pada bidang datar.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam membaca peta, dikarenakan apabila peta tidak diletakkan pada bidang datar, akan membuat kita bingung dalam membaca kontur dari suatu peta.

3. Samakan utara yang ada pada peta dengan utara yang ada pada kompas, dengan demikian letak peta akan sesuai dengan bentang alam yang dihadapi.

Kita harus melakukan hal ini dikarenakan agar arah kita berdiri dan arah yang ada di peta sudah sama. Karena apabila arah saja sudah berbeda, maka akan sulit dalam menentukan objek atau tanda medan yang berada di sekitar kita.

4. Carilah tanda-tanda medan yang paling menonjol di sekitar dan tentukan tanda-tanda tersebut di dalam peta.
Untuk tanda-tanda medan, usahakan objek tersebut tidak mudah berpindah tempat. Seperti contohnya gunung yang sangat kecil kemungkinannya untuk berpindah tempat. Selain gunung sebenarnya masih ada beberapa opsi lain, contohnya sungai, desa, jalan raya dll.

5. Lakukanlah langkah keempat untuk beberapa objek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x