Mohon tunggu...
Burhan Ardano
Burhan Ardano Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang saat ini sedang berada dalam semester akhir. Saya tertarik untuk masuk dalam ruang lingkup jurnalis karena keagiatan magang saya sebelumnya. Saat ini saya masih belajar untuk membuat artikel yang menarik dan dapat dinikmati oleh kalangan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Tidak Terlupakan Saat Menjadi Jurnalis Magang

30 November 2022   13:04 Diperbarui: 30 November 2022   14:01 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program magang merupakan program wajib yang diikuti oleh mahasiswa dibeberapa kampus ternama. Salah satunya yaitu kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba hal baru saat menjalani aktivitas magang di Harian DI's Way Surabaya.

Catatan harian Dahlan Iskan atau lebih dikenal dengan Harian Di's Way adalah salah satu nama surat kabar yang terbit di Surabaya. Harian Di's Way merupakan akronim dari Dahlan Iskan Way. Dis juga kode penulisan yang digunakan Dahlan Iskan sejak pertama kali menjadi jurnalis. Kehadiran Di's Way berawal dari upaya Dahlan Iskan yang ingin tetap menyampaikan pandangan, gagasan, dan pemikirannya melalui tulisan. Upaya itu diwujudkan dari blog pribadinya yaitu disway.id blog tersebut didirikan pada tahun 2018 hingga sekarang. Kantor Harian Di's Way bertempat di Jalan Walikota Mustajab No.76, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya

Saya mendapatkan tugas untuk menjadi jurnalis lapangan yang dimana saya harus siap dalam segala waktu. Menjadi jurnalis lapangan tentu saja menuntut kita untuk harus mendatangi beberapa tempat secara tepat waktu agar kita mendapatkan momen yang terjadi saat itu. Pada saat dikejadian saya harus mewawancarai beberapa orang yang ada ditempat tersebut, saya juga harus mendokumentasikan kejadiannya.

Akan tetapi, itulah hal yang menyenangkan bagi saya. Melalui kejadian tersebut, saya bisa belajar tentang menepati waktu, belajar bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, dan juga mendapatkan relasi dengan banyak orang. Saya juga dapat mengunjungi beberapa tempat yang sebelumnya tidak pernah saya kunjungi.

Dokpri
Dokpri
Salah satu momen yang paling berkesan bagi saya adalah saat saya ditugaskan untuk meliput seminar Stadium General dari Universitas Surabaya yang bertemakan Menakar Indonesia ke Depan yang dimana dalam seminar tersebut didatangi oleh Bapak Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Dalam seminar yang dibawakan oleh pak Ganjar, pembawaan beliau yang lucu membuat suasana seminar menjadi santai dan penuh gelak tawa. Pak Ganjar juga mengajak mahasiswa Universitas Surabaya untuk berdiskusi, bertanya, dan mengeluarkan pendapatnya dengan pak Ganjar mengenai Indonesia saat ini. Dalam sesi tanya jawabnya, ia mendapatkan banyak sekali pertanyaan sehingga moderator harus memotong beberapa pertanyaan agar sesuai dengan jadwal.

Sungguh suatu momen yang langka saya dapat bertemu langsung dengan pak Ganjar dan juga mendapatkan materinya secara "gratis" dalam acara tersebut. Senang sekali rasanya untuk mendapatkan kesempatan menjadi jurnalis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun