Mohon tunggu...
Nanang Diyanto
Nanang Diyanto Mohon Tunggu... Travelling

Perawat yang seneng berkeliling disela rutinitas kerjanya, seneng njepret, seneng kuliner, seneng budaya, seneng landscape, seneng candid, seneng ngampret, seneng dolan ke pesantren tapi bukan santri meski sering mengaku santri wakakakakaka

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Gagal Masuk Tentara Karena Varikokel

22 Desember 2019   19:39 Diperbarui: 23 Desember 2019   05:58 650 6 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gagal Masuk Tentara Karena Varikokel
Gambaran Varikokel, sumber gambar Cripstory.com

Ini kali kedua buat Arman mendatangi poliklinik Urologi RSUD Harjono Ponorogo. Kali pertama setahun yang lalu saat dinyatakan gagal masuk akademi militer.

Kala itu yang menjadi masalah, pada pemeriksaan kesehatan dinyatakan ada varikokel. Oleh dokter tentara yang memeriksanya disarankan berobat dulu ke dokter Urologi di rumah sakit terdekat.

dr. Riza Mazidu Sp.U dokter RSUD Harjono Ponorogo kalau itu meyakinkan kalau penyakitnya bisa diatasi dan setelah sembuh bisa mendaftarkan lagi menjadi tentara.

Ada dua alternatif melalui obat dan lewat operasi minimal sayatan. Untuk varikokel ringan diobati dengan anti nyeri, namun  untuk menghilangkan pembuluh darah sudah melebar atau derajat varikokel yang lebih berat sebaiknya dilakukan operasi. Butuh waktu 1-2 minggu untuk pulih. Dan Arman memilih operasi minimal sayatan, dan tak lama kemudian dia mendaftarkan lagi.

Kali ini Arman datang bukan untuk berobat untuk dirinya, tapi dia mengantarkan adik kelasnya di SMA yang mempunyai nasib sama gagal di pemeriksaan kesehatan karena varikokel.

Apasih varikokel?

Varikokel, pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar genitalia. Sumber gambar Medium.com
Varikokel, pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar genitalia. Sumber gambar Medium.com
dr. Riza Mazidu menjelaskan, varikokel adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena diatas atau dalam kantong scrotum (testis). Semacam varises yang di betis atau belakang lutut, hanya saja ini berada di sekitar testis.

Penyebabnya karena darah yang akan kembali ke jantung mengalami hambatan, ada penyebab diantaranya katup pembuluh darah vena kurang sempurna, sehingga aliran darah berbalik dan terkumpul pada daerah sebelum rusaknya katup sehingga membentuk varikokel.

Penyebab lain varikokel adanya pembuluh darah lebih besar di perut tersumbat, sehingga darah terkumpul pada pembuluh darah vena kecil, di daerah testis. Sehingga pembuluh darah tersebut melebar dan tampak seperti banyak cacing dalam skrotum ataupun di atasnya. Mirip-mirip varises pada tungkai atau betis, jelas dr Riza Mazidu.

Untuk lebih mudahnya antisipasi terjadinya varikokel, bila merasakan gejala bengkak, benjolan atau massa yang keras di atas testis dan terasa berbentuk seperti cacing segeralah pergi ke dokter urologi, kata dokter Zidu.

Menurutnya bila varikokel dibiarkan bisa menyebabkan kemandulan, dan bisa juga menyebabkan testis mengecil. Sehingga akan menyebabkan penurunan produksi dan kualitas sperma. Dan inilah kata dokter Zidu penyebab mengapa penderita varikokel tidak bisa masuk tentara, karena tentara dipilih dari terbaik dari yang terbaik. Harus sempurna jasmani maupun rohani, jelasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x