Mohon tunggu...
Mukhammad Thoriq Aziz
Mukhammad Thoriq Aziz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Media Enthusiast

Seorang pelajar yang masih perlu belajar banyak hal di era yang dinamis ini dan penting memberi makna pada sekitar

Selanjutnya

Tutup

Diary

3 Pelajaran yang Saya Dapatkan di Tahun 2021

15 Desember 2021   07:26 Diperbarui: 15 Desember 2021   07:42 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Markus Winkler on Unsplash   

Tak terasa kita sekarang berada di penghujung tahun 2021. Banyak peristwa yang cukup berkesan dan sedih ditahun ini,

  1. Semangat Dalam  Belajar

Di awal tahun ini saya bekerja keras untuk meraih Universitas yang saya inginkan, saya belajar SOSHUM yang dimana pelajaran yang disana tidak saya pelajari di SMK. Sehingga penting mengejar ketertinggalan ku terharap pelajaran yang diujikan, ditambah lagi  vibe saat itu temen temenku pada sangat serius sekali untuk belajar UTBK sehingga mendorongku untuk senantiasa belajar. Semangat Belajar itu terbawa sampai sekarang.

       2. Pentingnya Management Emosi

Menjelang dekat dengan hari UTBK, emosiku makin hoplees, entah gimana rasanaya kayak mau nyerah saja padahal yang dinanti nanti akan segara dilakukan, yang udah lama dipersiapkan menjelang hari penentuan malah hoplees gitu dan di saat hari ujiannya bener-bener tegang bangettt, ber-AC juga ruangan ujiannya, ditambah lagi saat itu hari pertama puasa jadi saat itu memang pengalaman yang tak terlupakan.

di saat seperti itu yang ada maindset yang selalu ku ulang ulang dalam pikiranku ialah 

Fokus pada saat ini, yang lalu biar lah berlalu, yang akan datang jangan dipikirkan. Karena, masa datang merupakan kosekuensi dari saat ini. 

Wajah setelah melaksanakan UTBK. Dokumentasi Pribadi
Wajah setelah melaksanakan UTBK. Dokumentasi Pribadi

Di pertengahan Juli tahun ini, banyak sekali kabar duka, rumah sakit pada overload, angka penyebaran covid menanjak drastis, begitupun juga kematiannya diakibatkannya. Pernah suatu ketika selama seminggu setiap harinya terdapat kabar duka. Cukup membuat emosi kesedihan yang cukup lama, membuat saya sering sekali mengikuti seminar mengenai mengelolah emosi di masa pandemi, salah satu caranya saya mulai belajar meditasi sih, cukup membantu sih.

3. Mensyukuri Kehidupan

Pandemi Covid menyadarkan saya akan kehidupan. Membuat saya mensyukuri masih diberikan umur, masih bisa bernafas dengan baik, memiliki ketenangan batin, kesehatan jiwa dan raga.  

Itu lah 3 pelajaran yang saya dapatkan dari 2021 bagaimana dengan mu, apa saja pelajaran yang dapat kamu ambil di tahun 2021? 

jangan lupa komentar ya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun