Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Pekerja Serabutan

Mengobrolkan apa saja yang menarik hati. Belajar menulis di https://bungeko.com, belajar bikin video di https://www.youtube.com/EkoNurhuda. Monggo mampir. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dunia Terguncang Ketika Amerika Serikat Kalahkan Argentina 3-0

19 Juni 2016   11:41 Diperbarui: 19 Juni 2016   12:03 1516 2 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dunia Terguncang Ketika Amerika Serikat Kalahkan Argentina 3-0
Foto: MLSSoccer.com

Apa yang Anda pikirkan melihat jadwal semifinal Copa America 2016 antara Amerika Serikat vs Argentina, 22 Juni WIB nanti? Secara otomatis menebak hasil akhir, di mana AS bakal terjungkal?

Dilihat dari sisi historis dan juga kualitas pemain, Tim Tanggo memang unggul segalanya dari Paman Sam. Tapi, jangan salah. Bola itu bundar. Dan AS pernah kalahkan Argentina tiga gol tanpa balas di Copa America!

Mari kita mundur ke tahun 1995, tepatnya pada perhelatan Copa America 1995 di Uruguay.

Perhelatan saat itu adalah kali kedua Copa America menghadirkan tim undangan dari luar zona Conmebol. Amerika Serikat dan Meksiko mendapat kehormatan jadi dua tim undangan, sama seperti di perhelatan sebelumnya pada 1993. Bedanya, Amerika tampil menggebrak di Uruguay. Salah satu aksi mereka yang paling mengguncang dunia adalah saat membungkam Argentina di fase grup.

Oya, bedanya lagi Amerika sudah diperkuat pemain-pemain profesional. Lebih tepatnya pemain yang belum lama berubah status menjadi profesional menyusul penampilan menawan di Piala Dunia 1994.

Ya, mayoritas anggota skuat AS di Copa America 1995 adalah penggawa timnas di Piala Dunia 1994. Jika di USA 1994 para pemain AS dikontrak federasi (US Soccer), di CA 1995 mereka sudah dikontrak klub pro luar negeri. Hanya Paul Caligiuri yang merumput di kompetisi domestik bersama Los Angeles Salsa. Ditambah Mike Burns yang masih berstatus amatir.

Dalam pembagian grup, AS yang diarsiteki Steve Sampson tergabung di Grup C bersama juara bertahan Argentina, Bolivia dan Cile. Sekilas ini grup berat bagi Alexi Lalas cs. Yang paling menakutkan tentu saja Argentina. Mereka punya Gabriel Batistuta yang tengah moncer di Fiorentina. Belum lagi Diego Simeone, Abel Balbo, Fernando Caceres, Hugo Perez dan Jose Antonio Chamot yang semuanya nama-nama beken di Eropa masa itu.

Apalah Amerika Serikat yang pemain-pemainnya baru berstatus profesional usai Piala Dunia 1994?

Starting XI Amerika Serikat di pertandingan memperebutkan peringkat ketiga melawan Kolombia, 22 Juli 1995. Foto: David Leah/Mexsport
Starting XI Amerika Serikat di pertandingan memperebutkan peringkat ketiga melawan Kolombia, 22 Juli 1995. Foto: David Leah/Mexsport
Amerika Mengguncang Dunia

Tim Paman Sam beruntung. Laga pertama mempertemukan mereka dengan Cile. Bukan lawan berat, tapi juga tak bisa dipandang enteng. Terbukti Eric Wynalda sukses membobol gawang Cile dua kali pada babak pertama, membawa AS unggul 2-0. Cile membalas lewat Sebastian Rozental, tapi hanya sekali. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan The Yanks.

Bolivia jadi lawan di partai kedua. Secara materi tak ada pemain Bolivia yang menonjol masa itu. Diperkuat mayoritas pemain klub lokal Bolivar, hanya tujuh nama yang merumput di luar Bolivia. Itupun masih sebatas kawasan Amerika Latin. Berbeda dengan AS yang sebagian besar anggota skuatnya merumput di Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN