Mohon tunggu...
marina artiyasa
marina artiyasa Mohon Tunggu... Dosen - suka sama nulis nulis kalau lagi luang

saya wanita berumur 45th, tinggal di sukabumi minat:kuliner,baca,internet,fotografi sudah menikah dan punya anak satuyang senang ngoprek

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengapa Kita Senang Menulis?

14 April 2018   16:21 Diperbarui: 14 April 2018   16:43 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

sudah lama aku ternyata ada di kompasiana ini ....sejak aku berusia 37 tahun ..sekarang aku 43 tahun ..jadi 7 th lebih ya .....kurang lebih ...aku liat ada beberapa tulisanku disini walaupun loncat-loncat kata2nya tapi aku bahagia aku bisa menulis...walau ternyata aku udah lama ga nulis disini 

liat tulisan lama aku aku jd pengen nulis walau dikit hehe

walau akhir2 ini beberapa tahun tepatnya sejak 2010 atau 2009 aku belajar membimbing mahasiswa di kampusku di sukabumi aku jd tau bab 1 sampai bab 5 itu apa...ada bab 1 pendahuluan bab 2 itu referensi dan literatur  bab 3 metodologi atau alat bahan cara  bab 4 hasil dan pembahasan dan bab 5 kesimpulan ..yah itulah yang kuhadapi setiap tahun ...walau jurnalku belum banyak...tapi ada 2 yang dimuat di ieee ..makasih buat kampusku yang kasih setahun sekali buat ikutan seminar international ....tapi yah banyak kutipan banyak referensi tulisan benernya dari bab 3 ke bab 5 ya ...hehehe ternyata menulis karya ilmiah atau tugas ak hir ga sama ya dengan menulis yang lain walau ada intinya yang bisa diambil karena gaya orang kan berbeda-beda 

hehe nah kembali kenapa aku bikin tulisan mengapa kita senang menulis?

bagi aku menulis itu (walau mungkin tulisanku belum sebagus penulis-penulis ) aku merasa dengan menulis itu ..walau ada yang baca dan ga baca...otak kita yang aktif jadi tersalurkan ..daripada  ga karu-karuan kan ..dan menghasilkan sebuah tulisan atau diary ...sepertinya yang kalau bertahun-tahun kemudian kita baca kita bisa ingat lagi ooh kita pernah ini dan pernah itu ya....ternyata...menulis itu membuat kita seperti itu 

atau ada yang senang menulis karena senang berbagi ...ga selamanya kan berbagi itu harus berbagi uang...berbagai pengalaman dan ilmu juga itu sesuatu yang luar biasa..jadi banyak yang baca..banyak yang liat...syukur2 berguna gitu ....hehe

terus dengan menulis tentu kita akan banyak membaca buat referensi tulisan kita seengaknya kita jadi pengen tahu gimana sih orang lain kalau menulis..dan dengan  menulis kita jadi  berpikir mau melakukan sesuatu ..misalnya kita mau ke luar negeri misalnya jangan jauh-jauh ke malaysia atau singapore..pasti kita akan cari informasi di google tentang orang-orang yang pergi kesana..bagaimana dia perjalanan ke bandara...bagaimana di pesawat bagaimana penginapan di sana ..transportasi di sana ..makanan disana...dll dan sukur2 kalau kita juga mau share pengalaman kita setelah sampai disana..apakah sama dengan orang lain atau sedikit berbeda...

atau misalnya kita mau beli sesuatu ..kalau ibu-ibu sih gampang misalnya beli baju. gadget .kalau laki misalnya beli motor beli gadget pasti kita cari review sebanyak-banyaknya sebelum yakin mau beli barang itu ..hayooo...

dan kalau kita seorang peneliti..kan kita harus cari banyak-banyak referensi untuk tau apa sih  yang orang tulis..kapan siapa dan bagaimana caranya dll jadi kita bisa bikin perbedaan...termyata dengan membaca dan menulis kita menjadi kaya ya dengan membaca pengalaman dan ilmu dari orang lain ...google dan internet ini ternyata membuat kita makin kaya ....banyak info dan banyak berita yang tadinya kita ga tau jadi tau 

dan banyak lagi sepertinya 

pokoknya bagaimanapun jangan berenti menulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun