Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Penulis. Menyukai berbagai bidang pekerjaan yang menambah ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen || Perjalanan Menuju Pengetahuan

4 Februari 2024   13:00 Diperbarui: 4 Februari 2024   13:09 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perjalanan Menuju Sekolah (Sumber: Pixabay.com/Petra)

Setiap pagi, matahari perlahan terbit, memancarkan sinar hangat ke kota sepi tempatku tinggal. Itu adalah awal dari hari yang lain, dan bagiku, itu berarti memulai perjalanan yang sudah biasa - perjalanan ke sekolah.

Saat aku melangkah keluar rumah, aroma embun segar masih melekat di udara, dan kicauan burung di kejauhan menjadi pengiring lembut perjalanan pagiku. Perjalananku ke sekolah bukan sekedar rutinitas; itu adalah jalan menuju pengetahuan dan penemuan.

Perjalanan dimulai dengan berjalan-jalan melewati lingkungan yang menawan, di mana rumah-rumah berdiri seperti penjaga, masing-masing memiliki pesona dan karakter yang unik. Wajah-wajah ramah para tetangga menyambutku, dan sesekali kibasan ekor anjing yang lewat menambah sentuhan keaktifan di jalanan yang sepi.

Selanjutnya, aku memasuki sebuah taman kecil yang dihiasi bunga warna-warni dan pepohonan yang menjulang tinggi. Gemerisik lembut dedaunan ditiup angin pagi menemaniku, menciptakan suasana damai yang membuat pikiranku melayang dan menantikan hari yang akan datang. 

Taman adalah tempat perlindunganku, tempat di mana aku dapat berhenti sejenak dan mengapresiasi keindahan di sekitarku sebelum terjun ke dunia pendidikan yang ramai.

Meninggalkan taman, aku berjalan menyusuri sungai kecil yang mengalir sejajar dengan trotoar. Suara gemericik air menjadi latar yang menyejukkan, bagaikan melodi alam, selaras dengan langkah kakiku. Kegembiraan sederhana saat mengamati riak air dan sesekali bebek berenang membuatku tersenyum, mengingatkanku untuk menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil.

Saat aku mendekati jantung kota, jalanan menjadi semakin sibuk dengan hiruk pikuk orang-orang yang melakukan rutinitas sehari-hari. Para pemilik toko membuka toko mereka, dan aroma makanan yang baru dipanggang tercium dari toko roti setempat. Energi yang dinamis di pusat kota mengisyaratkan hari depan yang dinamis dan penuh dengan berbagai kemungkinan.

Akhirnya, perjalananku membawaku ke gerbang sekolahku, tempat pertumbuhan dan pencerahan. Wajah-wajah akrab dari teman-teman menantiku, dan ruang kelas menjanjikan pengetahuan dan tantangan baru. Perjalananku ke sekolah lebih dari sekadar jalur fisik; itu melambangkan jalan menuju pengembangan pribadi dan mengejar impian.

Saat bel sekolah berbunyi, menandakan dimulainya hari pembelajaran lainnya, mau tak mau aku mengapresiasi keindahan unik perjalananku ke sekolah. Ini bukan sekadar serangkaian langkah dan belokan; itu adalah perjalanan yang membentuk pemahamanku tentang dunia dan tempat saya di dalamnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun