Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Man on the street.

Nulis yang ringan-ringan saja. Males mikir berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis yang Ringan, Bukan Membebani Pikiran

28 Januari 2022   16:54 Diperbarui: 28 Januari 2022   16:57 1310 44 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi laptop dan secangkir kopi (dokumen pribadi)

Pertama kali menorehkan esai pendek di Kompasiana. Lalu puisi dan cerpen. Sebelas tahun lampau. Tanpa pengalaman menulis di ruang publik. Jelek? Banget!

Sejak saat itu saya enggan membacanya lagi. Biar saja mereka berada di tumpukan arsip paling bawah. Berdebu lalu terlupakan.

Delapan kali lebaran kemudian vacuum, meski di dalam masa itu sempat satu dua kali menayangkan karya tulis. Saya lupa tentang apa.

Sekian bulan sebelum virus korona menyebar, tersedia banyak waktu. Sebagian besar darinya membuka lagi blog keroyokan ini dan mulai coba-coba (dalam arti sesungguhnya) membuat cerpen, puisi, dan catatan pengalaman.

Ternyata ada keadaan yang berbeda di platform blog ini: informasi angka pencapaian yang melekat di akun Kompasiana; sistem K-rewards; strata akun contreng hijau, biru, dan polos; artikel pilihan dan tidak, artikel featured.

Kalau penyematan artikel utama (AU) rasanya sudah ada sejak dulu.

Menarik. Itu bisa menjadi tantangan. Pelabelan juga menjadi obsesi yang, apabila tidak dikendalikan, dapat membuat sakit kepala.

Ya iyalah! Saya sempat mengalami. Membuat karya tulis demi memperoleh label biru. Tujuan itu ada yang tercapai dan kebanyakan tidak. 

Juga menyusun tulisan dengan sangat serius, berharap diangkat menjadi AU. Ternyata tidak. Padahal menulis yang ringan dan berpijak kepada pengalaman semata malah HaEl (Headline).

Ya sudah. Akhirnya saya menulis soal yang ringan-ringan saja. Tidak terlalu membebani pikiran. Menulis dalam keadaan jiwa dan rasa tidak terikat kepada pelabelan, target K-rewards, dan godaan manusiawi untuk menghasilkan karya sastra atau ilmiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan