Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Man on the street.

Warga negara biasa, yang rela membayar pajak meski tidak rela jika akumulasi pajak dicolong.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Kiat Agar Kendaraan Mangkrak Tidak Berkarat

29 Mei 2020   05:55 Diperbarui: 30 Mei 2020   18:47 1057 58 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat Agar Kendaraan Mangkrak Tidak Berkarat
dokumen pribadi: gambar dari laman FB Budi Susilo

Pandemi mengisyaratkan agar orang melakukan kegiatan sehari-hari di rumah saja, termasuk bekerja (WFH). Maka perjalanan pulang pergi ke tempat pekerjaan untuk sementara waktu menjadi tiada. Demikian halnya dengan perjalanan bersifat rekreatif bersama keluarga. 

Bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi dalam kegiatan tersebut, kemungkinan kendaraan bermotornya akan menjadi idle. Alhasil alat penunjang mobilitas tersebut menjadi terbengkalai alias mangkrak.

Kendaraan bermotor yang didiamkan selama nyaris tiga bulan dapat mendatangkan keuntungan relatif sekaligus kerugian potensial.

Keuntungan relatif ya jelas dong, pengeluaran pembelian bahan bakar dan pemeliharaan rutin --seperti ganti oli-- turun drastis. Sebaliknya, kendaraan bermotor terbengkalai lama menyebabkan kemungkinan kerusakan yang akan merembet dan memerlukan perbaikan, sehingga menjadi kerugian potensial.

Beberapa bagian kendaraan bermotor yang bergerak secara mekanis dilumasi fluida khusus dan berisi cairan (bahan bakar) yang mudah menguap.

Dengan terhentinya pergerakan dalam waktu tertentu akan menyebabkan karat pada bagian yang tidak terlumasi atau penguapan bahan bakar akan menyebabkan endapan yang dapat menyumbat saluran intake/pemasukan bahan bakar ke mesin. Kemungkinan paling buruk adalah timbulnya korosi dalam tangki akibat kelembaban penguapan bahan bakar.

Untuk kendaraan berroda empat, kemungkinan berkarat pada tromol/piringan rem karena tidak ada gesekan, ruang silinder (dinding liner) mesin, bagian pendinginan, ruang bakar (klep/engine valve), dan untuk mobil tertentu kotoran akibat karat dapat menyumbat pipa kapiler penyemprot oli ke camshaft dalam cylinder head yang akan menyebabkan suara mesin kasar.

Khusus untuk kendaraan manual, korosi dapat menyebabkan kopling lengket. Untuk mobil otomatis akan menyebabkan pipa kapiler dalam ruang transmisi terganggu kerjanya.

Untuk sepeda motor kemungkinan korosi dan penyumbatan kurang lebih sama, barangkali sedikit perbedaan terletak pada transmisi. Ditambah tumbuhnya jamur dan timbulnya bau tak sedap akibat kelembaban pada interior, jok, dan bagian lain yang berlapis vinyl.

Jadi, tindakan apa saja sebaiknya yang dilakukan terhadap asset berharga itu agar tidak menimbulkan kerugian di masa mendatang?

Setelah berkonsultasi dengan montir langganan di jalan Pandu Raya, Bogor, ditambah pengalaman waktu saya masih "normal", diperoleh tips/kiat perawatan selama kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu relatif lama, sebagaimana di bawah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN