Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

3 Hal Positif, Menyikapi Tahun Baru Islam

10 Agustus 2021   17:04 Diperbarui: 10 Agustus 2021   17:56 131 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
3 Hal Positif, Menyikapi Tahun Baru Islam
Sumber gambar kompas.com

Hari ini umat Islam memasuki 1 Muharram 1443 Hijriyah itu artinya ummat Islam memasuki Tahun baru 1443 Hijriyah dan meninggalkan tahun 1442 Hijriyah.

Memasuki tahun baru akan terasa hambar dan sia-sia kalau kita tidak mampu untuk menyikapinya dengan baik.

Memasuki tahun baru jika kita masih sama dengan tahun sebelumnya kita menjadi manusia yang merugi.

Agar suasana tahun baru ini memiliki makna yang mendalam dan menjadi momentum perubahan untuk kehidupan yang lebih baik, mari kita sikapi tahun baru Islam ini dengan cara berikut:

1. Introspeksi Diri

Memasuki tahun baru ini melihat apa yang sudah kita lakukan 1 tahun kebelakang kita ingat kembali jika itu sebuah kesalahan mari coba kita perbaiki kedepannya dan jika itu kebaikan mari terus kita tingkatkan.

Bagaimana ibadah kita, sikap kita, perhatian kita terhadap keluarga dan yang paling penting bagaimana kita menyeimbangkan urusan duniawi dan urusan akhirat. Kesemuanya itu hanya kita yang mengetahuinya dengan introspeksi diri menjadi jalan untuk memperbaikinya.

Memperbanyak istighfar baik kita lakukan mengisi 1 Muharram ini sebagai awal memulai langkah memasuki tahun baru. Hal ini juga menjadi perbuatan yang mengakui kesalahan diri dan memohon ampun kepada Allah SWT.

mengingat kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan, Memohon ampun kepada Allah terhadap kesalahan dimana kita tidak menjalankan perintah agama dan terkadang menzolimi sesama manusia.

Sikap ini mungkin akan membuka mata hati kita untuk tidak berbuat kesalahan kembali dimasa yang akan datang. kiranya di tahun 1443 Hijriyah ini menjadi titik balik menuju perubahan yang positif.

2. Meningkatkan silaturahim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan