Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Asesmen Pendidikan Nasional yang Penuh Tantangan

8 Februari 2021   22:38 Diperbarui: 8 Februari 2021   22:47 166 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asesmen Pendidikan Nasional yang Penuh Tantangan
Ilustrasi gambar sumber pixabay.com

Asesmen Nasional yang belakangan sangat ramai diperbincangkan menjadi salah satu program kementerian pendidikan untuk mengadakan pemetaan pendidikan. apa sebenarnya Asesmen Nasional mungkin kita akan bertanya-tanya, menurut keterangan dari website kementerian pendidikan Asesmen Nasional merupakan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil.

sangat menarik dan patut untuk didukung bagaimana niat dari kementerian pendidikan Indonesia untuk memperbaiki pendidikan Indonesia secara Nasional. memetakan mutu seluruh jenjang sekolah ini dapat kita artikan melihat bagaimana sebenarnya kualitas pendidikan di Indonesia dan membandingkan dengan hasil PISA internasional. melihat kemampuan Literasi, Numerasi, dan Sains mungkin menjadi dasar bahan sampel untuk mengukur dimana sebenarnya kualitas dan letak posisi Pendidikan Indonesia secara global jika ditarik sebuah perbandingan dengan negara lain. 

berbagai persoalan muncul dengan adanya program baru kementerian pendidikan Indonesia ini.

1. Muncul Berbagai Sudut pandang

Dari nama saja sudah begitu mengundang berbagai persoalan di lapisan masyarakat. mengapa harus menggunakan asesmen kenapa tidak penilaian mungkin bahasa Indonesia kurang menjual sebagai sebuah produk bahasa sehingga bahasa asing yang dijadikan bahasa dalam produk program pemerintah agar kelihatan lebih berkelas mungkin.

berbagai sudut pandang muncul dikalangan masyarakat baik yang intelek maupun yang awam. memunculkan pemahaman sendiri dengan mengambil kata kunci dari penjelasan kementerian. misalnya seperti yang beredar Asesmen Nasional pengganti Ujian Nasional, Asesmen Nasional penilaian model baru di dunia pendidikan. banyak lagi sudut pandang yang beredar terkadang semakin membingungkan. 

kiranya kementerian mengadakan publikasi dan menyederhanakan bahasa Asesmen Nasional agar tidak menjadi suatu polemik dan asing di telinga masyarakat Indonesia. khususnya masyarakat yang awam sebagai orang tua siswa yang sedang menempuh pendidikan. 

2. Muncul Berbagai Pelatihan Asesmen 

Munculnya berbagai pelatihan menyangkut Asesmen Nasional memang sangat baik sekali dan bisa menjadi sarana publikasi kementerian Pendidikan tentang asesmen nasional kepada masyarakat. yang menjadi persoalan banyak muncul pelatihan-pelatihan yang menjadikan Asesmen Nasional ini sebagai lahan mencari keuntungan. padahal pemerintah sudah begitu sangat aktif melakukan sosialisasi program namun terus saja di jadikan proyek untuk mencari uang dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

dengan dalih mengatakan Asesmen Nasional akan mempengaruhi sekolah secara keseluruhan baik secara kedudukan jabatan kepala sekolah maupun akreditasi sekolah inilah menjadi lahan promosi yang dijadikan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menakut-nakuti sekolah agar mau mengikuti pelatihan yang mereka adakan dengan imbalan diberikan sejumlah uang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x