Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru PPKn, Blogger, Penulis Buku dan Praktisi Bela diri Karate

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Alasan Tujuan Bangsa Indonesia Sulit Diraih

19 Januari 2021   02:21 Diperbarui: 19 Januari 2021   02:22 178 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alasan Tujuan Bangsa Indonesia Sulit Diraih
sumber gambar : Dreamstime.com

Di Usia Indonesia yang sudah memasuki usia 75 tahun, jika umur seorang manusia ini sudah memasuki usia sepuh. Ada pertanyaan yang sering kita dengar apakah tujuan bangsa Indonesia sudah tercapai.

Mengingat kembali apa sebenarnya tujuan bangsa Indonesia. Mari kita melihat lagi alinea keempat dari pembukaan undang-undang dasar 1945, disitu tertuang jelas tujuan bangsa Indonesia.

Berikut ini  sebagian dari alinea keempat UUD 1945"Kemudian dari pada itu, untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,"

Dari pembukaan yang tertulis diatas dapat kita lihat ada lima poin tujuan bangsa Indonesia.

  • Membentuk Pemerintahan Yang Kuat
  • Melindungi Rakyat Indonesia
  • Mensejahterakan Rakyat Indonesia
  • Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
  • Ikut Serta Melaksanakan Ketertiban Dunia

Kita kembali ke pertanyaan apakah tujuan ini sudah tercapai? Mari kita jawab dihati kita masing-masing. Namun kalau jawaban anda belum tercapai mungkin berikut ini bisa menjadi alasan kenapa Indonesia sulit mencapai tujuan bangsa Indonesia.

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh saya akan mengilustrasikan sebuah tujuan keluarga yang sejalan dengan tujuan bangsa Indonesia.

Tujuan sebuah keluarga adalah membentuk keluarga yang kuat. Jika sebuah keluarga sudah kokoh pondasinya dalam artian orang tua bisa menjadi pemimpin yang baik bagi anak-anaknya maka selanjutnya melindungi keluarga akan bisa dilakukan. Jika keluarga sudah terlindungi dengan baik terpenuhi seluruh kebutuhannya maka sejahteralah keluarga itu. Jika keluarga sejahtera maka anak-anak bisa sekolah dan secara otomatis memunculkan kecerdasan. Jika sudah terpenuhi keluarga yang kuat, sejahtera dan cerdas barulah bisa membantu tetangga kita.

Namun sebaliknya jika ada sebuah keluarga ayahnya pecandu narkoba dan ibunya tersangkut kasus perselingkuhan maka keluarga tersebut akan rawan terhadap kehancuran karena tidak menjadi keluarga yang baik. Kalau keluarga tidak baik bagaimana bisa melindungi keluarga, secara otomatis keluarga tersebut tidak akan sejahtera. Keluarga yang tidak harmonis dan dirundung permasalahan seorang anak dalam keluarga ini akan sulit mendapatkan pendidikan maka siap-siap anak akan berada dalam kebodohan. Jika ini sudah terjadi tetangga tidak akan pernah percaya kepada keluarga ini. Bagaimana mau membantu tetangga kalau keluarganya saja tidak bisa di selamatkan.

Dari ilustrasi diatas dapat kita simpulkan beberapa hal, jika bangsa ini ingin mencapai tujuannya untuk mensejahterakan rakyat.

1. Fokus Meraih Tujuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN