Mohon tunggu...
Indri Lestiani
Indri Lestiani Mohon Tunggu... -

Mahasiswa Psikologi Unsri 2013 - Sekarang | BEM KM FK Unsri Divisi Pengembangan Masyarakat, 2014 – 2015| BPPM As-Syifa Staf Ramush, 2014 – 2015 | LSM Gempita DPC Sukarami Sekretaris Umum, 2016 – 2017 | Relawan Anak Sumatera Selatan (RASS) Kadiv PSDMO, 2015 – 2016 | Relawan Anak Sumatera Selatan Ketua Umum, 2016 – 2017 | Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi Sumsel Anggota, 2016 – 2017| Penerima Manfaat Beasiswa Aktivis, 2016 – 2017 |

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan featured

Yang Harus Anda Ketahui Saat Melamar Kerja

22 Februari 2017   12:05 Diperbarui: 26 Februari 2021   16:16 17949 14 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yang Harus Anda Ketahui Saat Melamar Kerja
ilustrasi: Pixabay

Ada situasi dimana Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak lulus seleksi, sedangkan seorang teman yang menurut Anda tidak lebih baik dari Anda justru lulus. 

Sebaliknya, seorang teman yang menurut Anda berkompeten dinyatakan tidak dapat melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya. Jawabannya adalah bisa jadi karena cara masing-masing individu berbeda. 

Secara sadar atau tidak sadar sikap terhadap proses melamar juga menentukan keberhasilan. Melamar kerja secara umum prosesnya sama. Bagi Anda para pelamar kerja, penting untuk mengetahui proses rekrutmen dan seleksi agar bisa melewati tahapan demi tahapan dengan baik. Ada dua proses yang harus dilalui jika ingin bergabung dengan perusahan yang Anda inginkan, yaitu rekrutmen dan seleksi. 

Rekrutmen adalah proses menarik dan mengumpulkan pelamar yang memiliki potensi dan/atau kompetensi untuk mengisi suatu posisi, sedangkan seleksi adalah proses memilih individu paling cocok diantara semua kandidat yang melamar jabatan/posisi tersebut. 

Pendeknya, berkas lamaran Anda akan masuk proses seleksi jika sudah terkumpul sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Lalu apa saja hal-hal penting untuk diketahui dari dua proses tersebut? Berikut penjelasannya.

Rekrutmen

1. Banyaknya berkas yang masuk

Pemanfaatan media sosial adalah cara yang dapat membuat informasi lowongan kerja secara masif diketahui oleh masyarakat luas. Mengikuti perkembangan jaman, sebagian besar perusahaan yang menggunakan portal online atau E-mail untuk mengumpulkan CV dan lamaran kerja. Hal ini juga memberikan kemudahan bagi pendaftar. 

Dampaknya, pendaftar lowongan kerja tersebut juga bisa jadi sangat membeludak. Berkas lamaran kerja Anda bisa jadi hanya satu dari sekian banyak file yang masuk, sedangkan kemampuan HR tidak mencukupi untuk menyeleksi semua berkas. 

Lalu, bagaimana gara memperbesar peluang agar file Anda dapat dibaca dan diproses? Bagi Anda yang juga memanfaatkan lamaran kerja Online atau via email, pastikan sesegera mungkin mengirimkan lamaran Anda sejak Anda mengetahui lowongan kerja tersebut.

HR perusahaan biasa memposting iklan lowongan kerja pada jumat siang atau jumat sore. Saat Anda melihat iklan ini, jangan menunda submit dan menunggu hari senin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan