Mohon tunggu...
Bridgeta Elisa Putri
Bridgeta Elisa Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Bisnis Digital - Vokasi Universitas Brawijaya

Seorang mahasiswa Bisnis Digital Vokasi Universitas Brawijaya yang tertarik pada bidang digital marketing dan sejenisnya. Sedang melaksanakan Internship di Casa Kreatif.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

5 Contoh Indikator Brand Loyalty dan Faktor yang Mempengaruhinya

24 Juni 2023   10:34 Diperbarui: 24 Juni 2023   10:36 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Halo pebisnis hebat! Pasti Anda sudah tahu dong apa itu brand loyalty atau loyalitas merek? Jadi, brand loyalty adalah kecenderungan pelanggan untuk secara konsisten memilih dan membeli produk atau layanan dari suatu merek tertentu daripada merek pesaing. 

Ini adalah aspek penting dalam strategi pemasaran, karena pelanggan yang setia cenderung membeli lebih sering, membayar harga yang lebih tinggi, dan merekomendasikan merek kepada orang lain. 

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui 5 contoh indikator brand loyalty yang umum ditemukan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Berikut adalah lima contoh indikator brand loyalty yang umum ditemukan:

1. Pembelian Berulang

Pembelian berulang adalah indikator kuat dari brand loyalty. Pelanggan yang setia akan terus membeli produk atau layanan dari suatu merek secara berulang tanpa beralih ke merek pesaing. 

Mereka mengembangkan kepercayaan dan kenyamanan dengan merek tersebut.

2. Preferensi Merek

Pelanggan yang loyal akan memiliki preferensi yang jelas terhadap suatu merek. Mereka akan memilih merek tersebut di antara pilihan yang tersedia, bahkan jika ada variasi harga atau fitur yang serupa. 


Preferensi merek ini sering kali didasarkan pada pengalaman positif sebelumnya dengan merek tersebut.

Baca Juga: 5 Contoh Brand Equity Dari Merek-Merek Ternama

3. Tingkat Pemenuhan

Brand loyalty dapat dilihat melalui tingkat pemenuhan pelanggan. Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang mereka dapatkan dari suatu merek, mereka cenderung tetap setia pada merek tersebut. 

Tingkat pemenuhan yang tinggi mencerminkan hubungan yang kuat antara pelanggan dan merek.

4. Kesetiaan Merek

Kesetiaan merek adalah indikator penting dari brand loyalty. Pelanggan yang setia akan tetap memilih suatu merek dalam jangka waktu yang lebih lama, bahkan di hadapan promosi atau penawaran dari merek pesaing. Mereka merasa terikat secara emosional dengan merek tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun