Mohon tunggu...
Luthfi Maulana
Luthfi Maulana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

a taciturn. but sometimes mischiveous.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kalah Pemahaman Teknologi, Mahasiswa KKN Tim II Undip Edukasi Warga Digital Parenting

15 Agustus 2022   04:51 Diperbarui: 15 Agustus 2022   05:06 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tim II Undip Edukasi Orang Tua tentang Digital Parenting./Dokumentasi pribadi

KOTA SEMARANG – Menurut data Hootsuite dengan We Are Social tahun 2022, pengguna media digital di Indonesia per Februari menyentuh angka 277,7 juta pengguna, naik satu persen dari tahun 2021 dengan  jumlah 274,9 juta pengguna. Sedangkan pengguna internet berjumlah 204,7 juta pengguna, naik satu persen dari tahun sebelumnya yang menyentuh angka 202,6 juta pengguna.

Sejalan dengan data di atas, Sulastri warga RW 05 Muktiharjo Lor, menyebutkan banyak anak-anak usia balita sudah diberikan ponsel oleh orang tuanya. Pemberian ponsel tersebut dilakukan agar anak menjadi diam dan penurut ketika orang tua sedang bekerja. Ketua RW 05, Nanik juga menambahkan bahwa orang tua saat ini sudah kalah dengan anak-anak zaman sekarang perihal penggunaan gawai ataupun perangkat digital lain, sehingga tidak bisa terlalu menasehati anak dalam pengurangan penggunaan gawai.

Atas permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 berinisiatif untuk memberikan edukasi mengenai strategi pengasuhan di era digitalisasi, yakni digital parenting. Digital parenting atau pola asuh digital adalah model pengasuhan anak yang disesuaikan dengan kebiasaan anak yang begitu akrab dengan perangkat digital. Edukasi ini diadakan pada Rabu (3/8/2022), di Balai Posyandu RW 05 kelurahan Muktiharjo Lor dengan dihadiri oleh 17 warga dari ibu-ibu yang memiliki anak usia 0 – 18 tahun.

Warga menyambut baik inisiatif kegiatan ini dan memberikan antusiasme luar biasa dengan adanya kegiatan ini. Atas kegiatan tersebut, mahasiswa berharap warga dapat memanfaatkan pengetahuan baru tentang digital parenting dalam mengasuh anak di era digitalisasi.

Penulis: Wulandika Ayu Pramesti/Psikologi/ Fakultas Psikologi/15000119120016

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, Msi.

Lokasi: Kel. Muktiharjo Lor, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan