Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Minuman Serat yang Terbukti Ampuh Melancarkan Buang Air Besar

3 Oktober 2022   10:00 Diperbarui: 3 Oktober 2022   10:03 542 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Scrubber -- Sembelit merupakan salah satu masalah pada tubuh yang sangat mengganggu dan tentunya membuat aktivitas kita menjadi tidak nyaman. Tidak heran jika sekarang ini mulai banyak obat-obatan, baik itu obat dokter ataupun obat tertentu yang diklaim mampu mengatasi sembelit.

Sebenarnya untuk mencegah terjadinya sembelit tidak perlu menggunakan obat-obatan, karena ada banyak minuman yang kaya serat dan terbukti ampuh untuk melancarkan buang air besar.

Minuman Serat untuk Melancarkan Buang Air Besar

Dalam dunia kedokteran, konstipasi atau sembelit merupakan gangguan pada sistem pencernaan dimana si penderita mengalami susah buang air besar.

Kondisi buang air besar yang dikatakan normal yaitu ketika durasi BAB-nya 3 kali dalam sehari. Namun, ketika durasi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu maka bisa dikatakan orang tersebut mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Walaupun sekarang ini sudah banyak obat untuk mengatasi sembelit, alangkah baiknya jika kamu mencoba menggunakan cara yang alami terlebih dahulu, salah satunya dengan mengonsumsi minuman kaya serat pelancar buang air besar berikut ini :

1. Yogurt

Minuman yang dibuat dari fermentasi susu ini memiliki kandungan bakteri baik dan juga kaya akan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga membuat feses menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan, dengan begitu buang air besar menjadi lancar. Sekarang ini sudah banyak yogurt yang tersedia dengan berbagai varian rasa yang enak dan segar.

2. Jus Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, khususnya pencernaan. 

Kandungan serat alami dan vitamin di dalam minuman jus lidah buaya bermanfaat untuk mempercepat sistem metabolisme dan membakar lemak yang berlebih di dalam tubuh. Kamu bisa coba nih, bikin jus lidah buaya segar untuk menemani rutinitas harian.

3. Jus Lemon

Banyak orang yang hanya tahu kalau lemon mengandung vitamin C. Padahal, di dalam lemon juga terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan rutin mengonsumsi air perasan lemon atau bisa juga dengan dibuat menjadi jus lemon maka tubuh kamu akan terhindar dari sembelit atau susah BAB.

Disarankan minum air lemon pada malam hari sehingga ketika bangun tidur kotoran yang menumpuk di dalam pencernaan bisa dikeluarkan dengan mudah saat pagi hari. Supaya lebih enak dan tidak terlalu asam, kamu bisa mencampurkan madu ke dalam jus lemon.

4. Jus Pisang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan