Mohon tunggu...
Bobby Adam Suyana
Bobby Adam Suyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Media Massa dalam Membangun Citra Negara di Mata Dunia

11 Januari 2024   11:30 Diperbarui: 11 Januari 2024   11:32 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada masa dalam era globalisasi dan keterhubungan yang telah terjadi semakin tinggi, dimana citra negara menjadi suatu elemen penting dalam hubungan internasional. Citra negara ini mencerminkan bagaimana suatu negara dilihat serta dipahami oleh seluruh komunitas internasional. Media massa, termasuk media cetak, radio, televisi serta berbagai macam platform online, dimana mereka memiliki  pengaruh kekuatan yang besar dalam membentuk sebuah opini publik dan mereka ikut serta dalam mempengaruhi persepsi terhadap suatu negara.  mengenai hal ini, peran media massa dalam membangun citra negara menjadi sangat penting. Peran media massa dalam membangun sebuah citra negara di mata dunia telah menjadi prioritas yang sangat penting dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Media massa sendiri memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membuat suatu persepsi serta opini publik internasional mengenai suatu negara. 

Dalam sebuah pemberitaan yang luas dan beragam, media massa ini dapat mempengaruhi bagaimana negara tersebut dipandang oleh dunia. Media massa mempunyai peran sebagai jendela dunia yang membawa berita dan informasi mengenai suatu negara kepada masyarakat internasional. Mereka bekerja dengan cara melaporkan tentang aspek-aspek kehidupan negara tersebut, seperti budaya, politik, ekonomi dan sosial. Media massa sendiri akan memberikan gambaran yang lebih komplit tentang identitas dan karakteristik negara tersebut.

Dalam media massa dapat membentuk sebuah citra di suatu negara melalui sebuah pemberitaan yang mereka sampaikan. Dari cara media saat melaporkan berita, memilih topik yang mereka angkat, serta dari sudut pandang yang mereka ambil dapat mempengaruhi persepsi publik terhadap suatu negara. Selain itu, terdapa adanya representasi visual yang penting dalam membentuk citra negara. Adapun gambar-gambar, foto, video yang digunakan oleh media massa ini dapat memberikan kenangan atau kesan tentang suatu negara, baik itu dari segi positif maupun negatif. Terdapat adanya narasi dan cerita yang sudah dibangun oleh media massa juga dapat mempengaruhi cara setiap orang dalam melihat dan memahami suatu negara. 

Peran media massa dalam membangun sebuah citra negara yang sangat berpengaruh terhadap negara tersebut. Dimana media massa dapat menjadi sebuah alat diplomasi publik bagi suatu negara.  Dalam menggunakan pemberitaan yang positif dan promosi yang cerdas, media massa dapat membantu serta membangun citra yang baik dan menarik bagi negara tersebut. Pengaruh media massa terhadap kebijakan luar negeri suatu negara sangat signifikan. Dalam persepsi dan opini publik yang sudah dibentuk oleh media massa dapat mempengaruhi ketentuan politik dan kebijakan yang sudah diambil oleh pemerintah. Selain itu, media massa dapat membantu meningkatkan daya tarik sebuah negara dalam hal pariwisata, investasi, serta adanya hubungan ekonomi dengan negara-negara lain. Dalam hal ini menjadi sebuah citra positif yang telah dibangun oleh media massa sehingga dapat menarik minat dan kepercayaan investor serta wisatawan.

Pentingnya citra positif negara di mata dunia, yang dimana dalam hal ini tidak bisa diabaikan. Penggambaran yang positif dapat memberikan kontribusi positif bagi suatu negara dalam membentuk aliansi, meningkatkan diplomasi, serta memperkuat hubungan bilateral dengan negara-negara lain. Sebaliknya gambaran yang negatif ini dapat merusak sebuah reputasi negara, mempengaruhi hubungan mitra internasional, dan bahkan hal ini berdampak negatif terhadap sektor pariwisata dan ekonomi. Meskipun media massa ini memiliki potensi yang sangat besar dalam membentuk persepsi negara, dimana media massa ini sering sekali menghadapi semacam tekanan politik dan kepentingan komersial yang dapat mempengaruhi independensinya dalam menyampaikan berita. Jika media massa ini tidak bebas dan independen, maka persepsi negara yang terbentuk mungkin tidak akurat dan kurang menyakinkan publik. Selain itu, terdapat adanya fenomena platform media sosial yang kerap sekali mengubah lanskap media massa. Informasi juga dapat dengan cepat menyebar melalui platform media sosial, dan terkadang adanya pemberitaan palsu atau berita tidak akurat juga dapat dengan mudah menyebar dan merusak persepsi suatu negara. Oleh karena itu, sangat perlu bagi pemerintah dan media massa untuk terus bekerja sama dalam mengatasi sebuah tantangan ini dan terus memastikan sebuah informasi yang akurat dan dapat dipercaya oleh publik.

Media massa ikut memainkan sebuah peran yang sangat penting dalam membentuk citra suatu negara di mata dunia. Dalam melalui sebuah pemberitaan yang mereka lakukan, terdapat adanya representasi visual, dan narasi yang sudah mereka bangun, media massa juga dapat membentuk semacam persepsi publik terhadap suatu negara. Dalam mengenai hal ini, penting bagi setiap negara untuk lebih memahami peran media massa dan ikut bekerja sama dengan mereka dalam membangun sebuah citra yang positif untuk negara mereka. Media massa ini sendiri berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan masyarakat internasional dengan negara. Dimana melalui pemberitaan yang mendalam dan cermat, media massa dapat mengungkapkan berbagai macam aspek kehidupan di negara tersebut, dalam segi politik, budaya, ekonomi dan sosial. Dengan melakukan cara ini, media massa dapat memberikan sebuah pemahaman yang lebih baik kepada dunia mengenai negara tersebut, serta ikut membantu meningkatkan kesadaran global dan memperkuat hubungan bilateral dengan negara-negara lain. Peran yang dilakukan media massa dalam membangun citra negara di mata dunia itu tidak dapat diabaikan. Dengan melakukan tugas-tugas mereka dengan integritas yang tinggi serta perlakukan yang profesionalisme, media massa dapat menjadi sebuah kekuatan positif yang mendukung diplomasi dimana hal ini berguna sebagai salah satu cara agar memperkuat hubungan bilateral dengan negara lain serta dapat mempromosikan citra yang baik bagi suatu negara di kancah dunia.

Daftar Pustaka

Hidayah, N., & Thabrany, M. H. (2019). Peran Media Massa dalam Membangun Citra Indonesia di Mata Dunia. Malaysian Journal of Communication, Vol. 35, No. 2.

Kholifah, U., & Irianto, J. (2018). Peran Media Massa dalam Diplomasi Publik: Studi tentang Kampanye Diplomasi Publik Indonesia di Amerika Serikat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 21, No. 2.

Kuncoro, A. (2018). Public Diplomacy and Media in Indonesia: A Case Study of Indonesia's Foreign Policy. Jurnal Hubungan Internasional, 7(2),133-144.

Suryanto, E., & Wijaya, T. (2017). The Role of Media in Shaping Public Opinion on Foreign Policy Issues: A Case Study of Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(3), 187-198.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun