Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Dosen - 🌱

Menulis untuk berbagi pada yang memerlukan. Bersyukur atas dua juta tayangan di Kompasiana karena sahabat semua :)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Cara Jitu Melaporkan Artikel Plagiat oleh Media Massa dan Oknum

11 Juni 2021   16:31 Diperbarui: 11 Juni 2021   16:47 2192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cara melaporkan artikel plagiat | Photo by Markus Winkler on Unsplash

"Setiap penulis tentu ingin dihargai. Plagiasi artikel adalah hal paling menjengkelkan."

Banyak rekan penulis merasa jengkel saat mengetahui artikel dimuat ulang dan atau diplagiat oleh media massa atau oknum. Bagaimana cara melaporkan plagiat artikel oleh media massa?

Berangkat dari pengalaman nyata, perkenankan saya menyajikan tutorial melaporkan plagiat artikel oleh media massa kepada media yang bersangkutan dan juga Kominfo. 

Tulisan dimuat ulang tanpa izin

Beberapa kali saya mengalami pengalaman kala sejumlah media massa dan oknum melakukan pemuatan ulang artikel saya tanpa izin. Sesuai ketentuan UU Hak Cipta yang berlaku di Indonesia, hak cipta melekat pada kita sebagai pencipta karya,

Tulisan yang dimuat di media blog user generated content seperti Kompasiana pun tetap menjadi hak cipta penulis, bukan pada Kompasiana. 

Tanpa bermaksud mengungkap luka lama, secara ringkas saya sampaikan bahwa sebuah media massa tenar pernah memuat ulang karya saya tanpa izin dua kali. 

Satu media daring juga  memuat artikel saya tanpa izin, lantas memberi saya sejumlah kompensasi setelah saya mengajukan keberatan. Peristiwa lain, seorang YouTuber menggunakan artikel saya untuk narasi videonya tanpa restu saya. 

Cara melaporkan plagiat artikel oleh media massa ke redaksi

Cara pertama ialah melaporkan artikel plagiat oleh wartawan media massa ke redaksi media massa terkait. Sebuah media massa yang baik pasti memuat alamat pos elektronik atau email redaksi.

Hubungi saja redaksi dengan format Surat Keberatan atas Pemuatan Artikel Plagiat sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun