Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Yuk ikuti LOMBA MINI menulis Sejuta Kebaikan. Baca artikelnya di akun ini. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cara Memahami Apa Itu Alkitab secara Sederhana untuk Siapa Saja

7 Juni 2021   10:56 Diperbarui: 7 Juni 2021   11:07 555 27 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Memahami Apa Itu Alkitab secara Sederhana untuk Siapa Saja
Cara memahami apa itu Alkitab | Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

"Alkitab adalah perpustakaan besar yang berisi buku-buku yang kadang rumit tetapi intinya adalah cinta Tuhan pada manusia"

Seorang yang ingin mendalami Alkitab dihadapkan pada kerumitan yang luar biasa. Bagaimana cara memahami apa itu Alkitab dan bagaimana menafsir Alkitab secara sederhana bagi orang sederhana?

Apalagi seringkali umat kristiani sering diminta atau ingin membuat renungan dari Alkitab. Nah, bagaimana cara menafsir Alkitab secara sederhana, setidaknya untuk renungan pribadi? Berikut ini ulasan lengkap dan padat yang semoga membantu pembaca.

Alkitab bukan satu buku saja, tetapi sebuah perpustakaan

Alkitab kristiani terdiri dari dua bagian besar yakni Perjanjian Lama (PL) dan Perjanjian Baru (PB). PL dan PB disebut sebagai protokanonika. Dalam Alkitab Katolik, ada juga Deuterokanonika yang diterima Gereja Katolik sebagai bagian dari daftar atau kanon resmi. 

Perjanjian Lama terdiri dari 39 kitab. Perjanjian Baru tersusun dari 27 kitab. Total Protokanonika adalah 39+27= 66 kitab yang diterima baik oleh Gereja Katolik maupun Reformasi (Protestan)

Deuterokanonika terdiri dari 7 kitab yaitu Tobit, Yudit, Barukh, 1-2 Makabe, Kebijaksanaan Salomo, Yesus bin Sirakh) dan tiga tulisan tambahan (Surat Nabi Yeremia (Barukh 6), Tambahan pada Kitab Ester (Est. 10:4-16:24), dan Tambahan pada Kitab Daniel (Dan. 13-14)) yang tidak terdapat dalam daftar Kitab Suci Ibrani, tetapi terdapat dalam daftar Kitab Suci Yunani (Septuaginta).

Aneka bahasa asli dalam Alkitab

Sebagian besar kitab-kitab Perjanjian Lama berbahasa asli bahasa Ibrani. Akan tetapi, ada juga sebagian Perjanjian Lama yang ditulis dalam bahasa Aram (Ezra. 4:8-6:18; 7:12-26; Yeremia. 10:11; Daniel. 2:46-7:28; dan dua kata dalam Kejadian 31:47).

Sementara itu, bahasa asli Perjanjian Baru adalah bahasa Yunani Koine. Bahasa Yunani Koine ini lazim dipakai pada tahun 300 S.M. hingga 300 M.) Ada pula sejumlah kata-kata bahasa Aram dalam Perjanjian Baru. Bahasa Aram adalah bahasa yang juga digunakan antara lain oleh Yesus.

Alkitab berasal dari zaman penulisan dan para penulis yang berbeda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN