Mohon tunggu...
BOAS PATASIK
BOAS PATASIK Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Hoby saya bermain musik. Konten yang akan saya isi dalam akun ini berkaitan dengan dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Model PBL dan PjBL Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa

6 Desember 2022   17:56 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:18 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BEST PRACTICES

"Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model PBL dan PjBL"

Penulis : Boas Patasik, S.Pd

Lokasi : SMA Negeri 1 Sebatik Tengah

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran Fisika

1. Situasi

Latar belakang masalah yang menjadi alasan dilaksanakannya praktik pembelajaran ini adalah;

  1. Kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran Fisika
  2. Guru belum maksimal dalam memanfaatkan model pembelajaran inovatif

Dari kedua poin diatas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran masih bersifat teacher centered. Guru masih menjadi pusat peran dalam pencapaian hasil pembelajaran dan seakan- akan menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Peserta didik masih kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran yang seharusnya pembelajaran berpusat pada peserta didik atau student centered. Dampaknya peserta didik jenuh karena ruang gerak mereka dibatasi, mereka tidak percaya diri akan pengetahuan yang mereka miliki. Tidak sedikit peserta didik yang akhirnya tidak percaya diri menyampaikan pendapat mereka dalam forum-forum diskusi di kelas.

Permasalahan berikutnya adalah guru belum maksimal menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakter peserta didik dan materi ajar membuat kegiatan pembelajaran tidak terarah dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran tidak tercapai. Selain itu tidak sedikit juga guru yang hanya nyaman dengan metode ceramah. 

Kurangnya kesadaran akan perkembangan dunia digital semakin pesat dimana segala informasi dapat dengan mudahnya di akses oleh semua orang termasuk peserta didik membuat guru tidak memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Begitu banyak media pembelajaran yang bisa dikembangkan agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. Sehingga peserta didik pun lebih bersemangat karena selalu ada yang berbeda dalam setiap tampilan pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan, menurut saya banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun