Mohon tunggu...
Syncore BLUD
Syncore BLUD Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA)

21 Desember 2017   12:39 Diperbarui: 21 Desember 2017   12:44 2967
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) berbeda dengan RKA. Rencana Bisnis dan Anggaran merupakan dokumen 5 bab, di mana di dalamnya memuat tentang Rencana Bisnis dan Anggaran yang rinci berbasis biaya, bukan belanja.

sedangkan jika RKA-BLUD hanya berisikan 3 belanja saja.

RKA disajikan dalam format global, anggaran belanja hanya dipisahkan berdasarkan belanja pegawai, belanja barang dan jasa dan belanja modal tanpa perlu untuk disajikan rinciannya.  Berikut ini contoh Format RKA.

Format RKA

Keterangan:
  1.  Belanja Pegawai BLUD : anggaran belanja khusus untuk belanja pegawai selama satu periode. Belanja pegawai ini digabung menjadi satu baik itu untuk pegawai di bagian pelayanan maupun pegawai di bagian administrasi dan umum.
  2.  Belanja Barang dan Jasa BLUD : anggaran belanja untuk belanja barang dan jasa BLUD selama satu periode. Belanja barang dan jasa ini merupakan keseluruhan anggaran biaya baik dari kegiatan operasional maupun non-operasional.
  3.  Belanja Modal BLUD: anggaran belanja untuk belanja modal BLUD selama satu periode. Belanja modal ini merupakan anggaran untuk anggaran kegiatan investasi yang direncanakan oleh puskesmas.

RBA vs RKA


Keterangan:

Belanja Pegawai. Dalam penyusunan RBA, belanja pegawai dibedakan menjadi dua yaitu biaya pegawai bagian pelayanan pelayanan dan juga biaya pegawai bagian administrasi dan umum. Biaya pelayanan adalah semua biaya yang timbul dalam kegiatan penyediaan pelayanan (pada umumnya berhubungan dengan pasien), sedangkan biaya administrasi dan umum adalah semua biaya yang timbul dalam kegiatan administrasi dan umum.

Belanja Barang dan Jasa. Dalam penyusunan RBA, belanja barang dan jasa yang ada di dalam RKA dipecah menjadi beberapa jenis, yaitu masuk ke dalam biaya operasional dan biaya non operasional. Biaya operasional adalah seluruh biaya yang timbul dari kegaitan operasional (kegiatan utama puskesmas). Sedangkan biaya non operasional adalah seluruh biaya yang timbul diluar dari kegiatan operasional puskesmas.

Belanja Modal. Dalam penyusunan RBA, belanja modal disajikan dibagian pengeluaran investasi.

Apa beda RKA dan RBA? Silahkan bacadi sini

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun