Mohon tunggu...
Dipstrategy.co.id
Dipstrategy.co.id Mohon Tunggu... Konsultan - Sharing semua info dan tips terbaru tentang digital marketing, ui/ux, software development. untuk membangun kehadiran bisnis anda di dunia digital. https://dipstrategy.co.id/

Dipstrategy

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Iklan: Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsinya

5 September 2022   09:06 Diperbarui: 5 September 2022   09:15 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iklan merupakan sesuatu hal yang sudah akrab dalam kehidupan kita. Dalam setiap aktivitas yang kita lakukan kita akan menjumpai banyak iklan di sekitar kita baik itu dalam bentuk billboard di jalan, spanduk, ketika kita menonton televisi, maupun sedang menggunakan smartphone. Semua memiliki iklan yang terselip yang siap untuk membuat kita tertarik dengan produk yang mereka tawarkan.

Jadi secara singkat, iklan dapat kita simpulkan sebagai pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang dapat mempengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih, membeli atau melakukan suatu hal.

Ciri-ciri Iklan

  • Menggunakan kata-kata yang singkat tetapi di desain untuk membuat calon konsumen tertarik dengan isi pesan yang disampaikan.
  • Mengajak dan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan
  • Memberikan informasi penting terkait suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memiliki target konsumen spesifik untuk meningkatkan keefektifan iklan tersebut.

Jenis iklan

Iklan komersial

Iklan ini dapat dikenali dengan kontennya yang menawarkan sebuah produk atau jasa secara menarik yang membuat masyarakat tertarik untuk membeli

Iklan Non-Komersial

Iklan jenis ini merupakan iklan yang dibuat untuk memberikan edukasi, himbauan atau sosialisasi sebuah program, dan pada umumnya iklan jenis ini dibuat oleh lembaga pemerintahan.

Fungsi Iklan

Iklan merupakan sebuah media untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan pembuat iklan tersebut. Iklan ini dibuat untuk menarik minat masyarakat sehingga semakin banyak dan lebih banyak lagi orang yang mengenal produk atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Semakin banyak orang yang melihat dan mengenal produk atau jasa, semakin besar kemungkinan orang akan melakukan pembelian dan mulai menggunakan produk atau jasa yang diiklankan tersebut.

Jadi dapat disimpulkan dengan iklan yang menarik dan tepat sasaran dapat meningkatkan bisnis yang kita kelola menjadi lebih maju dan lebih besar lagi. Dengan berkembangnya teknologi internet, iklan dapat dibuat oleh digital agency jakarta atau siapa saja dan juga dengan biaya yang sangat terjangkau.

Dalam era digital ini kawan-kawan bisa memasang iklan digital untuk memajukan bisnis dengan cara memasang iklan melalui Google Ads, Facebook Ads, atau berbagai macam iklan digital lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun