Mohon tunggu...
Rabitha Humairah
Rabitha Humairah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

just do what u wanna do

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Who Am I

23 Maret 2024   23:04 Diperbarui: 24 Maret 2024   00:10 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(3 IN 1 The Series Of Personality Test : Who Am I, Gramedia)

Hai, teman-teman! Hari ini, saya ingin mereview satu buku nih dan saya benar-benar merekomendasikan buku ini untuk kalian baca. Lewat buku ini saya bisa lebih mengenal diri saya sendiri dan tahu bagaimana cara mengembangkan diri saya untuk menjadi lebih baik lagi. Oh iya lewat buku ini juga, saya bisa mengenal secara sekilas bagaimana kepribadian orang-orang disekeliling saya. Penasaran ya? Yuk disimak.

Judul buku ini adalah "3 IN 1 The Series Of Personality Test : Who Am I, Gali Potensi untuk Raih Prestasi" karangan Nurul Chomaria, S.Psi. Buku ini dirancang dengan cermat oleh penulis melalui serangkaian konsep psikologis yang membantu para pembaca, terutama saya sendiri untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik. 

Gaya penulisan yang diberikan juga ramah dan sangat mudah untuk dimengerti, penulis menekankan kepada para pembaca pentingnya kesadaran diri. Selain itu, hal yang sangat menarik dari buku ini adalah penulis memfokuskan kepada para pembaca untuk memahami nilai-nilai, minat, dan kekuatan unik pada diri sendiri.

Buku ini terbagi menjadi 3 bab, yang setiap babnya berisikan dengan materi yang sangat menarik. Pada bab pertama para pembaca diajak untuk mengetahui tipe kepribadian diri masing-masing, berkat buku ini saya jadi tahu nih tipe kepribadian saya itu ternyata koleris-sanguinis. 

Lalu setelah saya cermati penjelasan dalam buku ini, ciri-ciri yang dijelaskan memang menggambarkan kepribadian diri saya. Selain itu, ada juga materi yang menjelaskan apakah pembaca dominan menggunakan otak kanan atau otak kiri. 

Menurut saya pribadi, pada bab satu penulis ingin para pembaca benar-benar mengetahui tentang kepribadiannya sendiri. Karena setiap materi yang dipaparkan, menyediakan berbagai macam soal, yang memang membuat kita sebagai pembaca merenung dan berfikir berkali-kali untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dan bagi saya itu adalah cara yang efektif untuk mengenal diri sendiri.

Pada bab kedua para pembaca dijelaskan tentang potensi diri yang dimiliki. Yang berisi tentang tipe-tipe kecerdasan manusia, gaya belajar serta minat dan karier. 

Tentu saja disediakan pula tes-tes yang sangat menarik. Dan di bab akhir dijelaskan tentang kepercayaan diri, bagaimana cara kita mengatasi masalah, apakah kita sudah bisa mengatur manajemen waktu dan lainnya. 

Buku ini cocok untuk para remaja yang mungkin masih bingung dengan kepribadian mereka, bingung bagaimana cara yang efektif untuk mereka belajar, bingung bagaimana cara menanggapi orang lain dengan kepribadian yang berbeda-beda dan lainnya.

Saat membaca buku ini, saya benar-benar merasa sedang bercermin. Saya jadi tahu apakah hal-hal yang sudah saya lakukan selama ini sudah benar atau masih harus diperbaiki lagi, apakah tindakan atau perilaku saya kepada orang lain berlebihan atau tidak. Dan saya jadi tau bagaimana cara yang baik ketika harus berhadapan dengan orang-orang yang memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda.

Dari buku ini, kita tidak hanya diajak untuk menemukan apa yang membuat kita unik, tetapi juga bagaimana memanfaatkan kelebihan dan minat kita untuk meraih kesuksesan dalam era digital yang terus berkembang. Yuk kita sama-sama menjelajahi diri kita sendiri, menemukan kelebihan kita, menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri dan mengukir jejak kita sendiri di dunia yang terus berubah ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun