Mohon tunggu...
Siti Maimanah
Siti Maimanah Mohon Tunggu... Guru - Barokah manfaat

Istajib lana,

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengembangan dan Media

22 Januari 2022   21:55 Diperbarui: 22 Januari 2022   21:59 68 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media dapat dikatakan sebagai perantara supaya pesan pesan tersampaikan secara baik dan efektif, media memiliki peranan penting terutama dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Media dapat menciptakan suasana belajar lebih menantang dengan cara yang  menarik dan asyik. Terdapat beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media diantaranya adalah kesesuaian media dengan sasaran pengguna, unsur keamanan dari sebuah media juga tidak kalah pentingnya. Media dapat membantu para pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang tidak berpusat pada satu arah, dengan media pula proses pembelajaran lebih  variatif dan tidak membosankan. 

Situasi dan kondisi pada kegiatan belajar mengajar menjadi faktor penentu keberhasilan pendidik dalam menjalankan tugas utamanya, situasi dan kondisi yang tepat dengan ketersediaan media  yang menarik dapat menjadi stimulasi terhadap daya pikir  dan nalar anak. 

Kemampuan berfikir dan menalar anak adalah karunia bawaan semenjak dilahirkan, tetapi karunia ini dapat tumbuh berkembang secara optimal jika mendapatkan penanganan yang tepat, begitupu sebaliknya, kemampuan berfikir dan menalar anak akan menjadi tumpul jika selalu dihadapkan dengan situasi monoton. Lebih jelasnya lingkungan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan berfikir dan menalar (kognitif) anak. Sedangkan sekolah adalah lingkungan kedua setelah keluarga yang memang perannya adalah untuk memberikan pelayanan pendidikan.  

Pengembangan adalah usaha sadar untuk berinovasi menghasilkan sebuah produk yang sesuai dengan temuan keadaan dengan beberapa prosedur uji coba. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan