Pada tanggal 28 Januari 2025 di Desa Kumejing, Batang – Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melaksanakan program kerja Multidisiplin dengan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Krippong (Keripik Pisang) di Desa Kumejing, Kabupaten Batang. Dalam program ini, mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu bekerja sama untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM Krippong.Â
Dalam upaya ini, Mochamad Bintang Putra Eryano dari jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang memberikan pendampingan terkait desain kemasan produk Krippong Pisang dari UMKM Majeng Sareng. Bintang menekankan pentingnya desain kemasan untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan branding produk, serta menyajikan contoh kemasan yang menarik, fungsional, dan sesuai dengan karakteristik produk.
Muhammad Fikhar Azqeel Kusuma melakukan pendampingan distribusi produk UMKM guna perluasan target pasar. Untuk memperluas target pasar, Fikhar menganalisis dan mengidentifikasi potensi inovasi produk UMKM dengan cara membandingkan produk Krippong Pisang dengan kompetitor untuk menemukan celah inovasi seperti Krippong Lumer dengan rasa cokelat, stroberi, dan matcha.Â
Nurul Hidayatul Aulia mahasiswa Kesehatan Masyarakat melakukan sosialisasi kepada UMKM mengenai pengajuan sertifikasi halal dan BPOM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, memastikan keamanan dan kehalalan produk, serta memperluas pasar, terutama di kalangan konsumen Muslim dan ritel modern.
Untuk memperkuat citra UMKM Krippong di Desa Kumejing, Rakha Nurtaufiq Kusnendar merancang dan memasang MMT sebagai media promosi guna menarik minat konsumen serta meningkatkan brand awareness. Dengan desain yang kreatif dan inovatif, MMT tersebut akan dipasang di rumah produksi serta berbagai acara tertentu sebagai sarana promosi.
Fathiya Haniffa Zahra, seorang mahasiswa dari jurusan Teknik Infrastruktur Sipil dan Perencanaan Arsitektur, dengan kreativitasnya yang tinggi, berhasil merancang logo yang mencerminkan identitas dan semangat UMKM Majeng Sareng. Dengan latar belakang teknik dan arsitektur, Fathiya menggabungkan unsur estetika dan fungsionalitas dalam desain logo, menggambarkan kekuatan dan potensi dari usaha mikro, kecil, dan menengah tersebut. Hasil karyanya tidak hanya memvisualisasikan tujuan dan visi UMKM, tetapi juga memberikan kesan yang kuat, modern, dan mudah dikenali, mencerminkan dedikasi dan keunikan dari UMKM Majeng Sareng.
Untuk meningkatkan citra pada UMKM Krippong di Desa Kumejing ini, Rahmansyah Arditta Rizky membuat standing banner dan MMT sebagai media promosi dalam upaya menarik perhatian konsumen dan meningkatkan brand awareness dengan desain yang kreatif dan inovatif, nantinya banner dan MMT akan dipasang di rumah produksi dan pada acara-acara tertentu sebagai alat promosi.